Baznas bangun jembatan darurat untuk korban banjir bandang Sumbar

id Bencana alam,Sumatera Barat,Banjir bandang,Banjir lahar,Gunung Marapi

Baznas bangun jembatan darurat untuk korban banjir bandang Sumbar

Proses pembangunan jembatan darurat bagi warga terdampak bencana di Nagari Sungai Jambu, Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. (ANTARA/HO-Baznas RI)

Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) merespons bencana alam banjir bandang yang melanda Nagari Sungai Jambu, Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat dengan membangun jembatan darurat untuk korban di desa yang terisolasi.

"Baznas membangun jembatan darurat agar jalan penghubung masyarakat yang terputus bisa terhubung kembali," kata Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan dalam keterangan di Jakarta, Rabu.
Saidah mengatakan langkah ini diambil untuk memulihkan aksesibilitas dan mendukung upaya pemulihan masyarakat yang terdampak di Nagari Sungai Jambu yang dihuni sekitar 6.000 jiwa.

Ia menyebut banjir bandang yang terjadi beberapa hari lalu telah menyebabkan kerusakan parah pada infrastruktur, termasuk jalan dan jembatan, yang mengisolasi beberapa desa. Untuk itu, Baznas menurunkan tim Baznas Tanggap Bencana (BTB) ke lokasi kejadian untuk menilai kerusakan dan kebutuhan mendesak masyarakat.

Baca juga: PUPR kerahkan alat berat tangani banjir lahar dingin di Sumbar

"Sebagai langkah awal, kami telah membangun jembatan darurat untuk memastikan bahwa masyarakat bisa kembali beraktivitas dan mendapatkan bantuan yang dibutuhkan," ujarnya.

Saidah menjelaskan banjir yang menerjang di enam kecamatan di daerah Sumbar, yaitu di Kecamatan Lima Kaum, Kecamatan Rambatan, Kecamatan Pariangan, Kecamatan Batipuh, Kecamatan X Koto dan Kecamatan Sungai Tarab terjadi sekitar pukul 22:30 WIB pada Sabtu (11/5).

"Kami menerjunkan sebanyak 22 orang personel yang terdiri atas BTB Provinsi Sumbar, BTB Agam, BTB Tanah Datar dan BTB Lima Puluh Kota," katanya.

Sementara itu, Kepala BTB Dian Aditya Mandana Putri mengatakan selain membangun jembatan, BTB juga telah melakukan beberapa kegiatan tanggap darurat lainnya seperti, asesmen warga terdampak banjir bandang di Nagari Pasie Laweh, Kec. Sungai Tarab, Goro, juga pembersihan material banjir bandang.

Baca juga: Kunjungi Tanah Datar, Kepala BNPB sasar titik lokasi banjir bandang

"Kami juga menyediakan layanan dapur air di Simpang Manunggal Nagari Lima kaum, serta mendirikan dapur umum di Nagari Sungai Jambu Kecamatan Pariangan," ucapnya.

Dian berharap dengan langkah cepat dan kolaborasi berbagai pihak, kondisi di Sumatera Barat dapat segera pulih dan masyarakat bisa kembali menjalani kehidupan normal.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan jumlah korban banjir lahar hujan Gunung Marapi yang melanda lima kabupaten/kota di Sumbar sebanyak 58 orang korban, dengan rincian korban hilang sebanyak 35 orang yang masih dalam proses pencarian, keluarga terdampak berjumlah 1.543 keluarga, dan 33 orang mengalami luka-luka pada Rabu ini.

Baca juga: Jusuf Kalla: PMI siap bantu evakuasi dan rehabilitasi lokasi bencana di Sumbar

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Baznas bangun jembatan darurat untuk korban banjir bandang Sumbar