Polres Pasaman Barat-Sumbar patroli permukiman saat mudik Lebaran

id Patroli pemukiman

Polres Pasaman Barat-Sumbar patroli permukiman saat mudik Lebaran

Sejumlah personel Polres Pasaman Barat saat mengadakan patroli ke perumahan warga yang khususnya yang ditinggalkan warga saat masa mudik Lebaran 2024 dalam rangka memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) tetap kondusif jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Selasa (9/4/2024l). Antara/HO-Humas Polres Pasaman Barat. 

Simpang Empat,- (ANTARA) - Kepolisian Resor Pasaman Barat, Sumatra Barat meningkatkan patroli di kawasan permukiman, khususnya yang ditinggalkan warga saat masa mudik Lebaran 2024.

Kepala Polres Pasaman Barat AKBP Agung Tribawanto di Simpang Empat, Selasa, mengatakan peningkatan patroli itu bertujuan untuk memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) tetap kondusif jelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Kami berkomitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, terutama saat banyak warga yang meninggalkan rumah mereka untuk merayakan Lebaran bersama keluarga," katanya.

Ia mengatakan aktivitas patroli yang dilakukan tersebut menjangkau sejumlah pemukiman dan perumahan yang ada.

Menurutnya, dengan peningkatan kegiatan patroli tersebut akan menyisir setiap kawasan permukiman di wilayah tersebut.

Pihaknya berupaya menjamin keamanan bagi rumah-rumah yang ditinggalkan penghuninya selama periode mudik.

Selain memantau potensi tindak kejahatan seperti pencurian dan perampokan, peningkatan kegiatan patroli juga bertujuan untuk memastikan bahwa tidak ada aktivitas mencurigakan di sekitar permukiman warga.

"Personel akan melakukan pemantauan secara intensif serta siaga untuk merespons setiap situasi darurat yang mungkin terjadi," sebutnya.

Dalam menjalankan tugasnya, petugas juga aktif berinteraksi dengan warga setempat. Personel yang diterjunkan mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan melaporkan segala hal yang dianggap mencurigakan kepada pihak berwenang.

"Kegiatan patroli ini dijadwalkan akan berlangsung secara rutin hingga masa libur Lebaran berakhir. Dengan adanya patroli ini, diharapkan dapat memberikan rasa aman kepada masyarakat yang sedang melakukan mudik," katanya.

Ia menambahkan masyarakat juga bisa membuat pengaduan melalui layanan telepon call center 110.

Layanan itu terbuka 24 jam tersambung dengan masyarakat. Jika ada masuk laporan maka petugas akan langsung merespon dan turun ke lapangan.

Masyarakat dalam layanan darurat itu tinggal menekan telepon angka 110 untuk suatu laporan atau peristiwa.***2***