Dishub Sumbar prediksi puncak arus mudik H-2 Lebaran

id puncak arus mudik,sumbar

Dishub Sumbar prediksi puncak arus mudik H-2 Lebaran

Kepala Dinas Perhubungan Sumbar, Dedy Diantolani. (ANTARA/Miko Elfisha)

Padang (ANTARA) - Dinas Perhubungan Sumatera Barat memprediksi puncak arus mudik lewat jalur darat akan terjadi pada H-2 Lebaran atau 8 April 2024.

"Untuk arus mudik jalur darat diprediksi puncaknya pada H-2 dan arus balik pada H+4," katanya di Padang, Minggu.

Ia mengatakan pihaknya menyiagakan seluruh personel untuk mengantisipasi puncak arus mudik dan arus balik ini agar tidak terjadi kemacetan parah yang membuat pengendara tidak nyaman.

"Personel akan disiagakan pada titik-titik rawan macet di sepanjang jalur mudik Lebaran," katanya.

Menurutnya pemberlakuan rekayasa arus lalu lintas satu arah untuk jalur Padang-Bukittinggi dan sebaliknya juga menjadi salah satu langkah antisipatif yang dilakukan pemerintah daerah bersama pihak kepolisian.

"Kebijakan lalu lintas satu arah ini sudah diberlakukan mulai hari ini (7/4) hingga 15 April 2024," katanya.

Ia menyebut kebijakan tersebut cukup efektif dalam menanggulangi kemacetan parah pada jalur utama Padang-Bukittinggi dan sebaliknya itu.

Kemudian pembatasan operasional truk juga menjadi salah satu langkah yang diambil guna mengantisipasi kemacetan pada puncak arus mudik dan arus balik.

"Kita berharap sejumlah langkah yang telah disiapkan ini bisa memberikan kenyamanan bagi pengendara, pemudik dan wisatawan yang datang ke Sumbar pada momentum libur Lebaran 1445 Hijriah," katanya.*