Pemkab Agam siapkan alat berat selama arus mudik

id Pemkab Agam,Berita agam,Berita sumbar

Pemkab Agam siapkan alat berat selama arus mudik

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Agam Ofrizon. Dok Antara/Yusrizal

Lubukbasung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat menyiapkan dua alat berat jenis loader dan excavator selama arus mudik dan balik Idul Fitri 1445 Hijriyah, untuk membersihkan material tanah longsor apabila bencana tersebut melanda daerah itu, agar arus lalu lintas normal.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Agam Ofrizon di Lubuk Basung, Sabtu, mengatakan alat berat jenis loader disiapkan di Kantor Camat Matur dan excavator di Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Agam.

"Kedua alat berat itu bersiap atau standby dan begitu juga operatornya," katanya.

Ia menambahkan alat berat di Kantor Camat Matur itu untuk membersihkan material tanah longsor jika melanda Kelok 44, Matur dan lainnya.

Sedangkan alat berat di Kantor DPUTR Agam untuk membersihkan material tanah longsor melanda wilayah Kecamatan Lubuk Basung, Tanjung Raya dan lainnya.

"Kedua alat berat tersebut dalam kondisi baik dan diturunkan apabila ada bencana tanah longsor menimbun ruas jalan," katanya.

Ia mengakui DPUTR Agam memiliki tiga unit alat berat dengan rincian dua disiapkan untuk arus mudik Idul Fitri dan satu unit di bekas Kantor DPUTR Agam di Sungai Jariang

Selain itu, Dinas Pertanian, Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Agam juga memiliki alat berat yang berada di kantor dinas tersebut.

"Tiga alat berat ini akan diturunkan apabila intensitas bencana tanah longsor cukup tinggi," katanya.

Ia mengakui alat berat yang disiapkan itu bentuk kesiap-siaga Pemkab Agam terhadap bencana tanah longsor, karena daerah itu rawan tanah longsor apabila curah hujan tinggi.

Dengan cara itu, material tanah longsor segera dibersihkan, sehingga arus lalu lintas normal dan pengguna jalan nyaman saat melintasi daerah itu.