Bupati Sabar AS gandeng ITERA Lampung Seminar Astronomi dan Geologi

id Bupati Pasaman, Sabar AS

Bupati Sabar AS gandeng ITERA Lampung Seminar Astronomi dan Geologi

Seminar astronomi dan geologi di aula lantai 3 Kantor Bupati Pasaman, Jumat.

Lubuk Sikaping (ANTARA) - Bupati Pasaman, Sabar AS menggandeng langsung Akademisi ITERA Lampung mengadakan seminar astronomi dan geologi di aula lantai 3 Kantor Bupati Pasaman, Jumat.

Sabar AS juga selaku General Manager (GM) Geopark Equator Pasaman mengatakan seminar ini merupakan rangkaian perayaan titik kulminasi dan Hari Meteorologi Dunia yang bertepatan (23/3/2024) yang akan dihadiri Menteri Pariwisata dan ekonomi kreatif bersama Kepala BMKG.

Seminar ini sengaja dihadiri oleh para guru sekolah Se-Kabupaten Pasaman, OPD terkait, dan Badan pengelola Geopark Equator Pasaman.

"Lewat seminar ini bisa membawa harapan akan adanya kegiatan wisata edukasi untuk masa depan. Sehingga Pasaman menjadi kawasan tujuan wisata umum, maupun wisata khusus terutama terkait edukasi," ujar Sabar AS.

Dalam seminar tersebut, peserta diajak untuk mendalami pengetahuan tentang astronomi dan geologi, dengan fokus pada aspek-aspek yang relevan dengan kawasan Aspiring Geopark Equator Pasaman di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat.

Diskusi melibatkan pemahaman tentang fenomena alam yang unik di sekitar titik kulminasi, serta pentingnya pelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati.

Bupati Pasaman, Sabar AS menyampaikan harapannya bahwa melalui kegiatan ini, para guru akan menjadi duta-duta edukasi yang mampu menginspirasi generasi muda untuk mencintai dan melestarikan alam.

Selain itu, acara ini juga diharapkan menjadi awal dari upaya pengembangan wisata edukasi di Kabupaten Pasaman, yang akan membawa dampak positif bagi pendidikan dan ekonomi masyarakat setempat.

Kegiatan wisata edukasi yang diusulkan untuk kedepannya melibatkan kunjungan ke lokasi-lokasi penting di Geopark Equator Pasaman, seperti situs-situs geologi dan observatorium astronomi.

"Dan harapan dengan dibukanya observatorium di Pasaman anak - anak sekolah di Sumatera Barat dapat kunjungan "School Goes To Equator," kata Sabar AS.

Sehingga kata dia diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang berkesan bagi pengunjung.

"Sekaligus meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan dan keberlanjutan. Dan konsep Geopark menjadi keberlanjutan dalam pembangunan daerah," tutupnya.