Menteri BUMN apresiasi pusat kuliner "stasiun lambuang" Bukittinggi

id Menteri BUMN resmikan pusat kuliner di Bukittinggi

Menteri BUMN apresiasi pusat kuliner "stasiun lambuang" Bukittinggi

Menteri BUMN Erick Thohir bersama Wali Kota Bukittinggi Erman Safar dan Anggota DPR RI Andre Rosiade saat mengunjungi "stasiun lambuang" Kota Bukittinggi yang menjadi pusat kuliner modern terbesar di Sumatera Barat, Rabu (6/3/2024).Antara/Altas Maulana. 

Bukittinggi,- (ANTARA) - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat atas pembangunan pusat kuliner "stasiun lambuang" untuk memperkaya wisata kuliner di daerah itu, Rabu.

"Kita juga memberikan apresiasi kepada anggota DPR RI Andre Rosiade yang cukup kritis untuk perjuangkan pembangunan dan ekonomi masyarakat Sumbar," katanya di Bukittinggi, Rabu.

Menurutnya "stasiun lambuang" itu terbangun berkat kerjasama antara Pemkot Bukittinggi dan BUMN yang ada.

"Saya apresiasi ini. Bukittinggi harus didukung untuk jadi kota pariwisata. Kontrak kerjasama dengan PT. KAI kita dukung juga sampai 10 tahun. Ini akan diurus oleh PT. KAI," katanya.

Pemerintah Kota Bukittinggi menargetkan dengan adanya stasiun lambuang itu bisa meningkatkan ekonomi warga daerah setempat sekaligus memperkaya destinasi wisata kuliner Sumatera Barat secara umum.

"Bukan hanya peningkatan secara kuantitas sejumlah 116 gerai, tapi juga kualitas karena stasiun lambuang Bukittinggi hadir dengan format modern terpadu dikemas secara profesional," kata Wali Kota Bukittinggi Erman Safar.

Menurutnya stasiun lambuang menjadi prestasi ekonomi di Bukittinggi dengan menaikkan level pedagang kaki lima menjadi pedagang permanen.

"Ini adalah konsep pengelolaan wisata kuliner terpadu terpusat pertama di Sumbar. Kami ingin mengambil peluang wisata kuliner yang dikemas lebih profesional dengan tetap mempertahankan kearifan lokal sesuai kebutuhan pengunjung," katanya.

Ia menyebutkan di 2021 lalu saat masa COVID-19 ada 800 ribu pengunjung masuk ke Bukittinggi, tahun 2022 terdapat 1,4 juta pengunjung dan 2023 Bukittinggi menerima 1,2 juta pengunjung.

"Angka ini kami optimis kembali naik melalui beragam program dan spot menarik yang ditambah khususnya stasiun lambuang yang merupakan pusat kuliner terbesar di Sumbar," katanya.

Anggota DPR RI Andre Rosiade menyampaikan inilah contoh pembangunan Sumatra Barat bisa dilakukan percepatan dengan cara berkolaborasi antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat serta dukungan BUMN dan BUMD yang menjadi pertumbuhan ekonomi baru dan kontribusi positif bagi pariwisata masyarakat.

"Stasiun lambuang diresmikan hari ini. Tentu saja berkat kolaborasi Pemko Bukittinggi dengan BUMN. Bahkan langsung disupport langsung oleh Menteri Erick Tohir. Untuk suksesnya ini, Bukittinggi butuh minimal kerjasama 10 tahun dan semoga ini terealisasi," harapnya.

Dalam kesempatan itu diserahkan CSR dari BNI untuk Pemko Bukittinggi dan KUR untuk pedagang. CSR dari PLN, Bank Nagari untuk Pemko Bukittinggi. Selain itu, juga diserahkan CSR dari PT. KAI, Angkasa Pura kepada Dandim 0304 Agam.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menteri BUMN apresiasi pusat kuliner "stasiun lambuang" Bukittinggi