Pemkot Pariaman dorong wajib pajak laporkan SPT

id Pemkot Pariaman ,Berita pariaman,Berita sumbar

Pemkot Pariaman dorong wajib pajak laporkan SPT

Pj Wako Pariaman, Sumbar Roberia usai melaporkan SPT. Antara/HO-Diskominfo Pariaman 

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman Sumatera Barat mendorong warga wajib pajak di daerah itu untuk melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) sebelum 31 Maret 2024 sebagai wujud partisipasi dalam membangun republik ini.

"Sebagai Warga Negara Indonesia yang baik dan taat pajak, saya mengajak seluruh pejabat dan masyarakat yang berada di Pariaman untuk bisa memenuhi kewajiban kita membayar pajak," kata Penjabat Wali Kota Pariaman Roberia di Pariaman, Kamis.

Ia mengatakan pelapor SPT sudah mudah dan efektif serta dapat mengefisienkan aktivitas wajib pajak dalam melaporkan penghasilan, harta, dan pajak yang telah dibayarkan atas penghasilan wajib pajak tiap tahunnya.

Hal tersebut karena dalam melaporkan SPT dapat dilakukan dengan cara daring atau online melalui e-filling pada aplikasi online pajak.

Roberia menyebutkan pada 2024 pelaporan pajak di Pemkot Pariaman masih berada di angka 19 persen sehingga mendorong agar pelaporan tersebut dapat 100 persen seperti pada tahun sebelumnya.

“Pajak adalah suatu kewajiban yang harus dibayar, tidak boleh," ujarnya.

Ia menambahkan pelaporan SPT sebagai langkah untuk mewujudkan masyarakat yang taat pajak dengan menjadi wajib pajak.

Diketahui Roberia melaporkan SPT dirinya melalui e-filling pada aplikasi online pajak pada Selasa (27/2) yang disaksikan oleh pejabat perpajakan dan pimpinan organisasi perangkat daerah setempat.

Sementara itu, Kepala KPP Pratama Padang Satu, Asprilantomiardiwidodo mengatakan dengan laporan SPT Tahunan orang pribadi orang nomor satu di Kota Pariaman ini, akan menjadi contoh untuk pejabat dan masyarakat Kota Pariaman lainnya.

"Penyampaian SPT Tahunan PPh yang dilakukan oleh Pj Wali Kota Pariaman diharapkan menjadi contoh bagi semua masyarakat selaku wajib pajak, khususnya para ASN di lingkup Pemkot Pariaman,” kata dia.

Ia berharap setiap wajib pajak bisa melaporkan SPT Tahunan PPh Orang Pribadi-nya melalui e-filing lebih awal atau sebelum batas waktu penerimaan per 31 Maret 2023.