Muhaimin celupkan jari telunjuk ke tinta pemilu simbolkan angka satu

id Pemilu 2024, Pilpres 2024, Muhaimin Iskandar, Tinta pemilu, jari muhaimin

Muhaimin celupkan jari telunjuk ke tinta pemilu simbolkan angka satu

Calon wakil presiden Muhaimin Iskandar bersama keluarganya menunjukkan jari telunjuk yang telah dicelupkan ke tinta pemilu di TPS 23 Kelurahan Bangka, Jakarta, Rabu (14/2/2024). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Jakarta (ANTARA) - Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar mencelupkan ujung jari telunjuknya ke tinta pemilu setelah melakukan pencoblosan di TPS 23 Kelurahan Bangka, Jakarta, Rabu, guna menyimbolkan angka satu sesuai nomor urutannya pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Tak hanya dirinya, istri beserta ketiga putrinya pun melakukan hal yang sama setelah mencoblos surat suara. Mereka pun berpose menghadap ke awak media sambil mengacungkan jari telunjuknya yang telah ditandai tinta pemilu.

"Ya ini kan angka satu," kata Muhaimin setelah selesai melakukan pencoblosan.

Muhaimin beserta keluarganya tiba di TPS tersebut sekitar pukul 08.00 WIB dan selesai mencoblos pukul 08.30 WIB. Dia pun mengikuti arahan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dari awal hingga akhir, termasuk membuka dan menunjukkan seluruh jenis surat suara sebelum dicoblos.

Ketua Umum PKB itu mengaku merasa plong setelah melakukan pencoblosan, karena namanya ada dalam surat suara sebagai calon wakil presiden. Sehingga dia pun berharap Pemilu 2024 bakal berlangsung lancar hingga selesai.

"Alhamdulillah saya merasa bersyukur bisa melaksanakan pencoblosan di TPS ini, sebagai penduduk warga Kemang. Terima kasih kepada Pak RT, Pak RW, yang telah menyiapkan semua pelaksanaan pemungutan suara," kata dia.

Adapun pasangannya yakni Capres Anies Baswedan, mencoblos di TPS yang berada di sekitar kediamannya, di Lebak Bulus, Jakarta. Setelah kegiatan pencoblosan, keduanya pun dijadwalkan menjalani agenda bersama yakni memantau hasil pemilu di Rumah Pemenangan AMIN, Jalan Diponegoro, Jakarta.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3. KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Muhaimin celupkan jari telunjuk ke tinta pemilu simbolkan angka satu