Dinas PUPR jadi OPD terinovasi Payakumbuh

id Dinas PUPR payakumbuh,berita payakumbuh,berita sumbar,Anugerah Inovasi Awards Kota Payakumbuh Tahun 2023,Pemkot Payakumbuh

Dinas PUPR jadi OPD terinovasi Payakumbuh

Pj Wako Payakumbuh Jasman menyerahkan penghargaan OPD terinovasi di lingkup Pemkot Payakumbuh yakni Dinas PUPR Payakumbuh. Antara/HO-Pemkot Payakumbuh

Payakumbuh (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Payakumbuh, Sumatera Barat menjadi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terinovasi di lingkup Pemerintah Kota Payakumbuh.

Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh Jasman di Payakumbuh, Kamis mengatakan tantangan di masa sekarang dan tuntutan masyarakat terhadap pelayanan publik yang lebih cepat, mudah, murah, dan pintar terus meningkat.

"Oleh karena itu, pemerintah daerah harus mampu melakukan terobosan kebijakan untuk menghadapi kondisi tersebut," kata dia.

Selain itu juga diserahkan kecamatan terinovasi yakni Kecamatan Payakumbuh Barat, Puskesmas terinovasi Puskesmas Padang Karambia, Kelurahan Terinovasi Kelurahan Payolansek.

Sekolah terinovasi SD Negeri 30 Payakumbuh, Aparatur Sipil Negara (ASN) PUPR Eka Diana Rilva dan Fifella Aziza terpilih menjadi ASN terinovator. ASN supporting penyelenggaraan inovasi Novit Ardi.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh Jasman saat Anugerah Inovasi Awards Kota Payakumbuh Tahun 2023 berlangsung meriah di Aula Ngalau Lantai 3 Balai Kota Payakumbuh, Kamis (16/11).

Ia mengatakan berinovasi dapat menjadi cara efektif untuk melakukan penyelenggaraan layanan masyarakat, tata kelola pemerintah, dan urusan lainnya secara efektif dan efisien serta memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

"Dunia akan selalu berkembang, oleh karena itu inovasi tepat guna yang dapat dirasakan oleh masyarakat sangat dibutuhkan. Suatu daerah tanpa inovasi akan stagnan, tertinggal, dan mati suri," katanya.

Ditambahkan Jasman, inovasi sebetulnya bersifat sederhana dan tidak memerlukan anggaran besar untuk memulainya. Inovasi juga tidak hanya berbentuk aplikasi, tetapi juga regulasi.

"Selama ini kita menganggap inovasi hanya berupa aplikasi atau peralatan, padahal tidak. Inovasi juga dapat berupa regulasi, justru inovasi regulasi ini lebih tinggi nilainya karena memiliki power untuk mengatur suatu hal dalam tata pemerintahan dan masyarakat," ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas PUPR Payakumbuh Muslim mengatakan penghargaan yang didapatkan ini akan menjadi motivasi tambahan bagi Dinas PUPR untuk terus menghadirkan inovasi lain.

Menurut Muslim penghargaan sebagai OPD terinovasi bukan tujuan utama bagi Dinas PUPR Payakumbuh dalam melahirkan inovasi. Namun lahirnya sejumlah inovasi dalam upaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Ia mengatakan tujuan inovasi untuk memberikan pelayanan yg lebih baik, transparan, adanya kepastian pelayanan dan akuntabel. Sehingga masyarakat memiliki kepastian waktu dan biaya pelayanan.

"Inovasi demi inovasi yang kita hadirkan ini tentu sebagai upaya kita di Dinas PUPR untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Kota Payakumbuh. ," ujarnya.

Terkait dua ASN di PUPR yang terpilih menjadi ASN terinovator, kata Muslim merupakan bentuk apresiasi dari Pemkot Payakumbuh untuk kerja keras dua orang ASN di dinas yang dipimpinnya tersebut.

"Selamat untuk dua ASN kita Eka Diana Rilva dan Fifella Aziza. Terus lahirkan inovasi-inovasi yang memberikan manfaat bagi Dinas PUPR dan masyarakat Kota Payakumbuh," katanya.