Dinas PUPR Pasaman Barat perbaiki jalan sambut mudik Lebaran

id Perbaikan jalan sambut libur lebaran,Pasaman barat

Dinas PUPR Pasaman Barat perbaiki jalan sambut mudik Lebaran

Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Pasaman Barat saat mengerjakan perbaikan jalan depan Kantor Bupati Pasaman Barat untuk kelancaran lalu lintas saat libur lebaran, Selasa (2/4/2024). Antara/Altas Maulana. 

Simpang Empat,- (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), memperbaiki jalan berlubang untuk menyambut libur dan mudik Lebaran 2024 atau Idul Fitri 1445 Hijriah demi kenyamanan dan kelancaran pemudik.

"Saat ini ada dua titik perbaikan jalan rusak atau berlubang yang kami lakukan jelang Lebaran," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Pasaman Barat Elifsan di Simpang Empat, Selasa.

Menurutnya, perbaikan jalan itu bertujuan agar kelancaran lalu lintas dapat terjaga dan menghindari kecelakaan bagi pengendara.

Dua titik lokasi yang dilakukan perbaikan jalan itu adalah di depan kantor Bupati Pasaman Barat, tepatnya di Pasaman Baru, Kecamatan Pasaman, dan di Simpang Godang, Kecamatan Sungai Aur.

"Dua kawasan itu cukup ramai dilalui kendaraan dan beberapa titik sudah berlubang sehingga perlu dilakukan perbaikan," ujarnya.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Pasaman Barat Bambang Sumarsono menambahkan pihaknya juga melakukan antisipasi penanganan jalan longsor di Rimbo Kejaharan Nagari Kajai, Kecamatan Talamau.

Selain menyiapkan badan jalan, kata dia, juga menyediakan alat berat Beko loader yang siap siaga jika terjadi longsor karena akses jalan itu sangat rawan longsor.

"Jalan Rimbo Kejaharan Talamau merupakan akses jalan menuju Kabupaten Pasaman. Selain itu juga banyak kendaraan dari Medan, Sumatera Utara, menempuh jalan itu sehingga perlu perhatian serius," sebutnya.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan, Satuan Lalu Lintas Polres Pasaman Barat, BPBD, dan pihak terkait lainnya, untuk kelancaran lalu lintas selama libur Lebaran.

Pada tahun 2024 ini pihaknya juga akan melakukan perbaikan dan pembangunan jalan di sejumlah nagari atau desa yang ada dalam rangka memperlancar akses transportasi bagi masyarakat.