Pemkot adakan Job Fair kurangi angka pengangguran di Kota Solok

id Pemkot akan, adakan Job Fair, kurangi, angka pengangguran, di Kota Solok,Pemkot adakan Job Fair kurangi pengangguran,kur

Pemkot adakan Job Fair kurangi angka pengangguran di Kota Solok

Wakil Wali Kota Solok, Ramadhani Kirana Putra saat melakukan koordinasi terkait pelaksanaan Job Fair Kota Solok tahun 2023 dengan Wamenaker RI, Ir Afriansyah Noor (ANTARA/HO-Diskominfo Solok) 

Solok (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Solok, Sumatera Barat akan menggelar Job Fair pada tanggal 4-5 Desember 2023 untuk mengurangi angka pengangguran, meningkatkan ekonomi, dan juga taraf hidup masyarakat.

Wakil Wali Kota (Wawako) Solok Ramadhani Kirana Putra di Solok, Senin mengatakan, pemerintah Kota Solok saat ini sedang mempersiapkan diri menyiapkan calon tenaga kerja yang kompeten dan siap pakai.

Ramadhani mengatakan melalui Job Fair nantinya, para pencari kerja harus diberi bekal pelatihan yang kompeten mengingat potensi tenaga kerja di Kota Solok masih cukup besar.

"Untuk itu, salah satu upaya yang dilakukan Pemkot Solok untuk persiapan pelaksanaan Job Fair nanti ialah melakukan koordinasi terkait pelaksanaan Job Fair Kota Solok tahun 2023 dengan Wamenaker RI, Ir Afriansyah Noor, Kamis (02/11)," ujar Dhani.

Setelah melakukan pertemuan tersebut, Wawako berharap supaya Kemnaker RI menerima permohonan usulan kebutuhan program pelatihan kerja di Kota Solok.

"Saya berharap adanya penambahan paket program bantuan pelatihan di tahun 2024 sehingga pengembangan program pelatihan di Kota Solok semakin baik,” kata Wawako.

Dhani mengatakan berdasarkan kunjungan tersebut Kemenaker RI memerikan dukungan dan fasilitasi dalam Job Fair 2023 yang akan dilaksanakan pada tanggal 4-5 Desember di Kubuang Tigo Baleh Kota Solok.

“Kami berharap agar Kemenaker RI selalu memberikan fasilitasi dan dukungan pada pelaksanaan Job Fair di masa yang akan datang,” katanya.

Ia menambahkan, Pemerintah Kota Solok saat ini sedang mempersiapkan diri menyiapkan calon tenaga kerja yang kompeten.

“Para pencari kerja harus diberi bekal pelatihan yang kompeten mengingat potensi tenaga kerja di Kota Solok masih cukup besar,” ungkapnya.

Wawako berharap, adanya penambahan paket program bantuan pelatihan di tahun 2024 sehingga pengembangan program Pelatihan di Kota Solok semakin membaik.

Sementara itu, sebelumnya saat kunjungan Wawako Solok Wamenaker RI Afriansyah Noor berharap kepada pemerintah Kota Solok untuk bersungguh-sungguh mempersiapkan pelaksanaan Job Fair dengan maksimal, sehingga memberi dampak hasil bagi dunia usaha, terutama kepada pencari kerja.

“Kami minta agar OPD yang menaungi ketenagakerjaan agar lebih proaktif berkolaborasi dengan pemerintah pusat, karena cukup banyak program dan kegiatan yang bisa ditransfer untuk dilaksanakan di daerah,” ucapnya.