UNP meluncurkan inovasi pendidikan berupa produk teknologi untuk SMK di Sumbar

id UNP, Yayasan, Inovasi

UNP meluncurkan inovasi pendidikan berupa produk teknologi untuk SMK di Sumbar

Ketua Tim Pelaksana serah terima dengan ketua yayasan, dan kepala sekolah. (ANTARA/HO-UNP)

Padang (ANTARA) - Universitas Negeri Padang (UNP) terus menunjukkan kontribusinya sebagai sentra unggulan pendidikan di Indonesia dengan meluncurkan sejumlah inovasi dalam bidang pendidikan dan pengajaran.

Salah satu terobosan terbaru adalah menciptakan produk teknologi yang menjadi alat praktikum di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Sumatera Barat.

Menurut Ketua tim Pusat Produksi Peralatan Praktikum Teknologi Kejuruan sekaligus Dekan Fakultas Tenik, Krismadinata, ST. MT. Ph.D, produk inovasi ini merupakan hasil penelitian dari dosen-dosen UNP yang melibatkan mahasiswa dan tenaga kependidikan.

"Produk inovasi ini telah diujicoba di laboratorium UNP. Saat ini, UNP tidak hanya menghasilkan tenaga pendidik, tetapi juga melakukan terobosan inovatif di bidang pendidikan dan teknologi, salah satunya adalah Training Kit yang digunakan untuk kegiatan praktikum siswa SMK," ujarnya pada Senin (23/10).

Kegiatan Ketua Tim Pelaksana serah terima dengan ketua yayasan, dan kepala sekolah. (ANTARA/HO)


Krismadinata menambahkan bahwa Pusat Produksi Peralatan Praktikum Teknologi Kejuruan merilis 2 unit produk inovasi baru berupa training kit kendali motor listrik dan training kit elektronika digital.

Training kit elektronika digital merupakan perangkat pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi dalam menguasai peralatan elektronika digital.

Produk inovasi lainnya termasuk turbin untuk pembangkit listrik tenaga mikro hidro, peralatan pertanian, eco enzim, media pembelajaran, serta aplikasi android untuk pembelajaran.

Produk-produk inovasi tersebut telah digunakan untuk menunjang proses pembelajaran di beberapa SMK di Sumatera Barat, seperti training kit PLC (Programmable Logic Controller) yang telah diimplementasikan di SMKN 2 Sijunjung, SMKN 1 Sumbar, SMKN 1 Sutera Pessel, dan SMK N 1 Sungai Limau Pariaman, khususnya untuk praktek instalasi tenaga elektronika.

Krismadinata menegaskan bahwa meskipun produk-produk inovasi UNP merupakan produk lokal, namun memiliki kualitas yang setara dengan produk impor atau internasional. Proses penciptaan produk-produk tersebut dimulai dengan melakukan reverse engineering dari produk-produk luar yang kemudian dimodifikasi sesuai kebutuhan lokal.

Respon antusiasme terhadap inovasi ini juga disampaikan oleh kepala sekolah dan guru. Kepala Sekolah SMK Pembangunan Teknologi Robotik UNP, Drs. Dasrizal, MM, menyatakan bahwa peralatan praktikum yang dihasilkan oleh UNP memiliki kualitas yang tak kalah dengan produk luar negeri.

Sementara itu Ketua Yayasan pendidikan pembangunan Laboratorium padang (YPPLP) UNP, Prof. Dr. Nurhasan Syah, M.Pd., menyambut baik inovasi tersebut. Ia berharap bahwa produk inovasi dari tim Pusat Produksi Peralatan Praktikum Teknologi Kejuruan UNP dapat meningkatkan kompetensi siswa dan memberikan ilmu yang mendukung persaingan siswa di dunia kerja di masa mendatang.

Inovasi-inovasi seperti ini membuktikan bahwa UNP tidak hanya fokus pada pendidikan dan pengajaran, tetapi juga berkomitmen untuk terus berinovasi demi menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih baik dan mempersiapkan siswa untuk bersaing di dunia kerja yang semakin kompetitif.*
Foto foto kegiatan. (ANTARA/HO)