BPBD Pasaman Barat bersihkan bagian jalan terdampak longsor di Talamau (Video)

id longsor pasaman barat,dampak longsor,tanah longsor

BPBD Pasaman Barat bersihkan bagian jalan terdampak longsor di Talamau (Video)

Petugas membersihkan material longsoran yang menutupi bagian jalan di Polongan Enam Talu, dekat air terjun Jorong Merdeka, Nagari Talu, Kecamatan Talamau, Kamis (19/10/2023). (ANTARA/HO Camat Talamau)

Simpang Empat (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasaman Barat di Provinsi Sumatera Barat membersihkan bagian jalan yang pada Kamis sekitar pukul 07.30 WIB terdampak longsor di Polongan Enam Talu, dekat air terjun Jorong Merdeka, Nagari Talu, Kecamatan Talamau.

Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Kabupaten Pasaman Barat Afrizal di Simpang Empat, Kamis, menyampaikan bahwa upaya pembersihan bagian jalan yang terdampak longsor melibatkan petugas BPBD, TNI, Polri, pemerintah kecamatan, dan pemerintah nagari.

Menurut dia, pada tahap awal tim gabungan bersama warga membersihkan longsoran material yang menutupi bagian jalan tersebut agar setidaknya kendaraan beroda dua bisa melintas.

"Untuk sementara jalan sudah bisa dilewati kendaraan roda dua dan pembersihan dilanjutkan dengan menggunakan alat berat," katanya.

Camat Talamau Andre Affandi mengatakan bahwa backhoe loader milik pemerintah dioperasikan untuk mendukung pembersihan bagian jalan yang terdampak longsor.

"Tim gabungan saat ini berupaya membersihkan material longsoran tanah, batu, dan kayu besar yang menutupi jalan," katanya.

Lalu lintas kendaraan menjadi terhambat akibat tanah longsor yang terjadi di Polongan Enam Talu.

Selain itu, tanah longsor menyebabkan pohon tumbang dan menimpa kabel listrik, mengakibatkan aliran listrik ke Talu padam.

Pemerintah Kecamatan Talamau sudah melaporkan masalah itu ke PLN Pasaman Barat.

"Kami juga mengimbau kepada pengendara agar meningkatkan kewaspadaan ketika melewati area perbukitan yang ada di Talu karena longsor tidak tahu kapan terjadi," kata Andre.

Tanah longsor yang terjadi di Talu tidak sampai menimbulkan korban jiwa.