Bupati Rusma Yul Anwar launching inovasi Poskesri Prima Dan Rang Pasisie

id Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar ,berita pessel,berita sumbar, Poskesri Prima Dan Rang Pasisie

Bupati Rusma Yul Anwar launching inovasi Poskesri Prima Dan Rang Pasisie

Bupati Rusma Yul Anwar launching inovasi Poskesri Prima Dan Rang Pasisie (ANTARA/HO-Pemkab Pessel)

Painan (ANTARA) - Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar melauncing Inovasi Poskesri Prima dan Inovasi Rang Pasisie di UPT Puskesmas Balai Salasa, Selasa (17/10).

Turut dihadiri oleh, Kepala dinas Kesehatan Provinsi Sumbar, Kepala OPD, Kepala Puskesmas Sekabupaten Pessel dan Forkopimca Kecamatan Ranah Pesisir.

Dalam sambutannya, Bupati Rusma Yul Anwar mengatakan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dalam visinya yaitu mewujudkan Pesisir Selatan lebih sejahtera, maju dan bermatabat didukung pemerintahan yang akuntabel dan Profesional.

Ia melanjutkan, Pemerintah Daerah senantiasa berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang salah satunya adalah peningkatan akses pelayanan kehidupan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dasar termasuk bidang kesehatan.

Kata Bupati, Salah satu pilar utamanya Transportasi sistem kesehatan bertujuan untuk mendekatkan layanan Promotif Preventif berkualitas ke masyarakat.

"Fokus pada siklus sebagai sasaran pelayanan kesehatan seperti Ibu hamil, pasca bersalin nifas, bayi dan balita, usia Produktif dan lansia," katanya.

Dalam rangka memenuhi dan mendukung kebutuhan tersebut maka Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan melalui dinas kesehatan meluncurkan 2 Inovasi yaitu Poskesri dan Rang Pasisie (Rangkul dan Angkut Pasien-pasien Emergensy)

Bupati juga melanjutkan, Kabupaten Pesisir Selatan memiliki 21 Puskesmas, 82 Unit Pustu dan 242 Unit Poskesri yang tersebar 182 Nagari yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan, yang akan dijadikan sebagai Poskesri Prima yang akan memberikan layanan sesuai dengan siklus kehidupan.

Bentuk inovasi yaitu dengan melakukan integrasi satu layanan kesehatan terpadu dengan mendayagunakan potensi Poskesri sebagai Poskesri prima yang memberikan pelayanan kesehatan dasar sesuai potensi nagari.

Inovasi Rang Pasisie bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kesehatan melalui jejaring hingga tingkat nagari dan dusun.

"Demi memperkuatkan pemantauan wilayah setempat"tutupnya

Semoga dengan pembentukan kedua Inovasi ini dapat meningkatkan kesejahteraan dan derajat kesehatan masyarakat yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan.