BPBD: 53 orang kelompok rentan terdampak banjir bandang di Pasaman

id pasaman

BPBD: 53 orang kelompok rentan terdampak banjir bandang di Pasaman

Kepala Pelaksana BPBD Pasaman Alim Bazar saat menjelaskan upaya Pemkab setempat dalam mengatasi banjir bandang di Nagari Durian Tinggi Kecamatan Lubuk Sikaping, Selasa (17/10/2023). Antara/Altas Maulana.

Lubuk Sikaping,- (ANTARA) - Sebanyak 53 orang warga kelompok rentan mulai dari bayi, balita, ibu hamil, dan lanjut usia (lansia), terdampak banjir bandang di Nagari Durian Tinggi, Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat (Sumbar), yang terjadi pada Senin (16/10).

"Kelompok rentan itu terdampak dan sempat diungsikan karena air yang meluap menggenangi rumah mereka. Saat ini sudah mendapatkan penanganan," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasaman Alim Bazar di Lubuk Sikaping, Selasa.

Ia mengatakan kelompok rentan yang terdampak itu adalah bayi tiga orang, balita 22 orang, ibu hamil satu orang, dan lansia 27 orang.

"Tidak ada korban jiwa pada bencana banjir bandang ini. Dari hasil rapat tadi dinyatakan pernyataan bencana bukan tanggap darurat bencana," katanya.

Pihaknya juga bersama tim terkait lainnya terus memberikan bantuan kepada warga membersihkan material lumpur yang menggenangi rumah mereka dan membersihkan badan jalan dari lumpur tanah.

Untuk antisipasi banjir susulan, pihaknya bersama Dinas Pekerjaan Umum dan instansi lainnya dibantu masyarakat juga membersihkan material yang menutupi jembatan dekat Pasar Lama Lubuk Sikaping agar aliran air lancar dan tidak meluap ke jalan.

Menurutnya, material yang menghambat aliran itu harus segera dibersihkan. Kalau tidak, kata dia, jika curah hujan tinggi dan air sungai kembali naik maka air akan kembali meluap ke badan jalan dan rumah warga.

Dari data sementara BPBD Pasaman, ada sekitar 103 Kepala Keluarga (KK) atau 237 jiwa terdampak banjir bandang yang terjadi tiga hari berturut-turut sejak Sabtu (14/10) sampai Senin (16/10).

Banjir bandang itu terjadi di tiga Kejorongan yakni Jorong Tampang sebanyak 31 KK atau 71 jiwa, Jorong Kampung Lua sebanyak 47 KK atau 89 jiwa, dan Jorong Kampung Lintang sebanyak 25 KK atau 77 jiwa.

Ia mengimbau warga tetap waspada terhadap banjir susulan karena cuaca saat ini masih ekstrem dan hujan bisa datang secara tiba-tiba.

Banjir bandang di pusat ibu kota Kabupaten Pasaman itu sudah terjadi tiga hari berturut-turut sejak Sabtu (14/10 ) hingga Senin (17/10) karena dipicu hujan deras mengakibatkan air sungai meluap

Saat ini warga sebagian masih ada yang mengungsi ke tempat yang aman dan ada sebagian bertahan di rumah masing-masing.