Pemprov Sumbar salurkan peralatan dan benih pertanian di Pasaman Barat

id pertanian di Pasaman Barat,Pemprov Sumbar,berita sumbar

Pemprov Sumbar salurkan peralatan dan benih pertanian di Pasaman Barat

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah saat menyerahkan bantuan benih petani di Pasaman Barat, Jumat (29/9/2023). Antara/HO-Diskominfo Pasaman Barat.

Simpang Empat (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menyerahkan sejumlah bantuan pertanian dan peternakan di Kabupaten Pasaman Barat dalam rangka meningkatkan hasil pertanian dan peternakan di daerah itu.

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah di Simpang Empat, Jumat, mengatakan Pemprov Sumbar sangat konsen kepada upaya menjaga ketahanan pangan.

"Hambatan dan kendala yang ditemui dalam sektor pertanian yang dilakukan diharapkan dapat diatasi bersama melalui koordinasi dan sinergi yang kuat antara Pemprov Sumbar dan Pemkab Pasaman Barat kedepannya," katanya

Menurutnya kurangnya kebutuhan peralatan lain bisa menyampaikan surat secara resmi kepada gubernur melalui persetujuan bupati.

Kedepan dia berharap, panen dilakukan tiga kali dalam setahun atau lima kali dalam dua tahun.

Setelah panen, petani harus segera menanam kembali padi dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat yang selama ini masih dapat dipertahankan di Sumbar.

Selain itu, ia menjelaskan kegiatan yang dilakukan merupakan upaya mencukupi ketersediaan pangan khususnya di Pasaman Barat, meningkatkan perekonomian masyarakat, mengurangi angka stunting serta sebagai upaya menekan laju inflasi di daerah.

Melalui bantuan yang diberikan, masyarakat diharapkan dapat termotivasi agar lebih semangat dalam bertani dan menambah populasi ternak.

Bupati Pasaman Barat Hamsuardi mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan Pemerintah Provinsi Sumbar.

"Ketika masyarakat akan turun ke sawah, masyarakat harus gotong royong terlebih dahulu untuk memperbaiki hulu sawah atau bendungan. Kami memohon, kelanjutan bangunan dapat dibantu oleh bapak gubernur," harapnya.

Menurutnya adanya keterbatasan anggaran di Pasaman Barat maka bantuan dari provinsi sangat diharapkan.

Adapun bantuan yang diberikan di Jorong Sukorejo Nagari Desa Baru Barat Kecamatan Ranah Batahan berupa bantuan sarana produksi pertanian padi Biofortifikasi untuk 750 hektare, bantuan benih padi sawah/ padi inbrida 1.500 hektare, bantuan alat pasca panen becak motor 1 unit, bantuan Alshintan Cultivator 4 unit dan bantuan ternak itik 2.500 ekor.

Kemudian bantuan ternak kambing 150 ekor sedangkan bantuan revitalisasi penggilingan padi kecil sebanyak enam unit.

Bantuan di UPTD Ternak Ruminansia Air Runding Kecamatan Koto Balingka berupa bantuan ternak yang diberikan yakni ternak ayam untuk lima kelompok tani sebanyak 2.500 ekor itik untuk lima keltan, puyuh 20.000 ekor untuk dua keltan dan kambing 200 ekor empat keltan serta diberikan juga 5.000 dosis vaksinasi PMK.

Kemudian bantuan di Sidomulyo Kinali, berupa 50 ekor induk lele dan pakan 200 kilogram kepada Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) UPR Agus Sidomulyo Dusun satu dan bantuan calon induk nila 400 ekor dan pakan 200 kilogram kepada Pokdakan UPR Permata Benih Rimbo Binuang.

"Bantuan bibit unggul itu diharapkan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," kata Hamsuardi.***1***