Nelayan tenggelam di Danau Maninjau ditemukan meninggal dunia

id Nelayan tenggelam di Danau Maninjau ,Berita agam,Berita sumbar

Nelayan tenggelam di Danau Maninjau ditemukan meninggal dunia

Korban tenggelam dievakuasi ke rumah duka di Pincuran Tujuah, Nagari Bayua, Kecamatan Tanjung Raya. Dok BPBD Agam

Lubukbasung (ANTARA) - Andri Rifandi (27) nelayan yang tenggelam saat menangkap ikan di Danau Maninjau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Minggu (24/9), ditemukan meninggal dunia dalam kondisi mengapung di danau vulkanik itu, Kamis (28/9) sekitar pukul 03.30 WIB.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam Ikhwan Pranata Danda di Lubuk Basung, Kamis, mengatakan jasad korban ditemukan warga setempat mengapung sekitar lima meter dari perahu korban ditemukan di Maransi, Jorong Gasang, Nagari atau Desa Adat Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya.

"Warga itu sengaja menyisiri bibir danau dari malam sampai pagi semenjak korban tenggelam dan ia melihat ada mayat mengapung," katanya.

Ia mengatakan, melihat ada sosok mayat yang selama ini dicari tim gabungan, warga melaporkan temuan itu ke warga lain dan tim gabungan dari Pemkab Agam untuk dievakuasi.

Setelah itu, jasad korban langsung dievakuasi dan dibawa ke rumah duka di Pincuran Tujuah, Nagari Bayua, Kecamatan Tanjung Raya.

"Jasad korban dimakamkan di pandam kuburan kaum tidak jauh dari rumahnya pada pukul 10.00 WIB," katanya.

Sebelumnya, korban dilaporkan tenggelam setelah pergi mencari ikan menggunakan perahu pada Sabtu (23/9) sekitar pukul 23.00 WIB.

Korban belum kunjung pulan sampai Minggu (24/9) pukul 10.00 WIB dan warga menemukan perahu korban dekat keramba di Maransi, Jorong Gasang, Nagari Maninjau.

"Warga menemukan perahu dekat dengan keramba dan korban tidak ditemukan, sehingga melaporkan ke BPBD Agam pada Minggu (24/9) sekitar pukul 11.32 WIB," katanya.

Ia menambahkan, mendapat laporan itu BPBD Agam langsung menuju lokasi untuk mencari korban. Pencarian itu melibatkan Basarnas Pos Pasaman, PMI Agam, Satpol PP Damkar Agam, Polres Agam, Dandim 0304 Agam, BPBD Bukittinggi, warga dan lainnya.

Pencarian melibatkan empat perahu, ditambah tim selam dari Basarnas Pos Pasaman dan lainnya.

"Tim gabungan mencari korban dengan cara menelusuri danau tersebut dan tim melakukan pencarian selama empat hari," katanya.