Kementerian LHK Ganjar Dharmasraya Nirwasita Tantra 2023

id Kementerian LHK,penghargaan Nirwasita Tantra ,Berita dharmasraya,Berita sumbar

Kementerian LHK Ganjar Dharmasraya Nirwasita Tantra 2023

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Budi Waluyo. (Antara/HO-Dok Pribadi) 

Pulau Punjung (ANTARA) - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengganjar penghargaan Nirwasita Tantra kepada Pemerintah Kabupaten Dharmasraya berkat konsistensi dalam pengelolaan lingkungan hidup yang ditunjukkan Bupati Sutan Riska di tahun 2023.

"Kementerian LHK kembali memberikan anugera Nirwasista Tantra kepada Pemkab Dharmasraya tahun ini, Penghargaan ini bukan pertama kali diraih Dharmasraya," kata Kepala Dinas lingkungan Hidup Dharmasraya, Budi Waluyo, di Pulau Punjung, Senin.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Dharmasraya, Budi Waluyo, di Pulau Punjung, Senin, mengatakan Nirwasita Tantra merupakan penghargaan untuk kepala daerah bersama legislatif yang berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan sesuai metodologi pembangunan berkelanjutan, guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di setiap daerahnya.

Ia menyebutkan program Nirwasita Tantra sudah dimulai sejak 2016. Proses penghargaan telah melewati beberapa tahapan mulai dari mengirimkan dokumen, penapisan tahap awal, penapisan tahap dua, dan tahap akhir pengiriman video untuk penetapan pemenang.

Penghargaan ini dipisahkan dalam beberapa kategori, tingkat provinsi, tingkat kabupaten besar, sedang, kecil, dan tingkat kota besar, sedang, dan kecil.

"Ada empat piala nirwasista tantra yang disabet kabupaten dan kota, termasuk Pemprov Sumbar. Kabupaten Dharmasraya meraih kategori pemerintah daerah untuk kabupaten kecil," ungkap dia.

Ia mengucap syukur atas penghargaan yang kembali diraih. Ia juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada perangkat daerah, masyarakat dan seluruh pihak terkait yang mendukung upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas lingkungan hidup di Kabupaten Dharmasraya.

Ia berharap penghargaan Nirwasita Tantra dapat memberikan stimulasi positif bagi Kabupaten Dharmasraya dalam terus berinovasi dan meningkatkan kinerja dalam perlindungan alam dan lingkungan hidup.

"Dan juga apresiasi ini juga dapat menginspirasi daerah lain untuk mengadopsi praktik dan kebijakan yang serupa dalam menjaga keberlanjutan lingkungan," katanya.

Ia menambahkan Anugrah Nirwasita Tantra akan dilaksanakan pada 29 Agustus 2023, di Jakarta. Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan akan menerima secara langsung penghargaan tersebut.

"Direncanakan bupati akan langsung menerima penghargaan ini," ujarnya.