Disperindag Sumbar-FPP UNP jalin kerja sama pengembangan industri

id Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumbar,Novrial

Disperindag Sumbar-FPP UNP jalin kerja sama pengembangan industri

Kepala Dinas Perindag Sumbar, Novrial menandatangani MoU kerjasama dengan FPP UNP, Jumat (11/8). (ANTARA/HO-Disperindag Sumbar)

Padang (ANTARA) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatera Barat menjalin kerja sama dengan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan (FPP) Universitas Negeri Padang (UNP) terkait pengembangan industri dan perdagangan.

Kepala Dinas Perindag Sumbar, Novrial menandatangani MoU kerja sama tersebut dengan Rektor UNP diwakili Dekan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan, Prof. Asmar Yulastri, Phd di Padang, Jumat.

Novrial menyebut kerja sama yang dijalin tersebut akan menguntungkan kedua belah pihak dan akan berkontribusi positif terhadap kemajuan daerah.

"Melalui kerja sama itu, FPP UNP bisa memformalkan kegiatan-kegiatan riset, kajian, dan pendampingan dan pengabdian civitas akademika di bidang industri kecil dan menengah dan pelaku perdagangan khususnya yang berorientasi jasa kepariwisataan dan ekonomi kreatif," ujarnya.

Sementara Disperindag Sumbar yang tengah menggagas sinergi hexahelix perindustrian dan perdagangan akan mendapatkan dukungan terkait pendampingan IKM model, perkuatan sentra IKM dan perdagangan serta konsep one village one product.

Disperindag juga akan terbantu dalam standardisasi dan sertifikasi, promosi produk dalam negeri, promosi digital dan export coaching program.

"Kita berharap dengan kerjasama ini bisa mendukung upaya Pemprov Sumbar untuk mendorong pengembangan sektor industri dan perdagangan tidak saja secara kualitas tetapi juga dalam kuantitas, menambah jumlah industri kecil dan menengah di Sumbar," katanya.

Ia menyebut hal tersebut sesuai dengan salah satu program unggulan daerah yaitu menciptakan 100 ribu enterpreneur.

Novrial mengatakan setelah penandatanganan MoU tersebut akan dilakukan formulasi tekhnis aplikasi kerja sama antara FPP UNP dengan Disperindag Sumbar dan kabupaten/kota untuk merumuskan program kerja sama konkret pada 2024.

Kegiatan tersebut ikut dihadiri sejumlah kadis perindustrian kabupaten/kota, unsur pimpinan semua fakultas di UNP, lembaga kajian dan riset dan guru besar di lingkup UNP.*