Mendes PDTT luncurkan lomba desa wisata 2023 di Pariaman

id Mendes PDTT,Berita pariaman,Berita sumbar

Mendes PDTT luncurkan lomba desa wisata 2023 di Pariaman

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar sedang diwawancari wartawan usai meluncurkan Lomba Desa Wisata Nusantara 2023 di Desa Apar, Kota Pariaman, Sumbar. Antara/Istimewa

Pariaman (ANTARA) - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar meluncurkan Lomba Desa Wisata Nusantara 2023 yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Wisata Apar Kota Pariaman, Sumatera Barat.

"Kementerian Desa PDTT telah me-launching (meluncurkan) Lomba Desa Wisata 2023 untuk kompetisi desa-desa wisata yang ada di bawah pengelolaan BUMDesa se-indonesia memperebutkan hadiah sebesar Rp1 miliar untuk beberapa juara," kata Abdul Halim Iskandar usai meluncurkan lomba Lomba Desa Wisata Nusantara 2023 di Desa Apar, Pariaman, Jumat.

Ia mengatakan lomba tersebut nanti akan diakhiri pada minggu kedua November 2023 serta akan diumumkan desa-desa wisata terbaik.

Ia menyampaikan lomba tersebut dilaksanakan bertujuan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di desa melalui desa wisata dengan memanfaatkan perputaran uang di desa yang pada akhirnya mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

"Alhamdulillah hari ini Indonesia pertumbuhan ekonominya 5,17 persen. Ini sangat bagus sekali di antara negara-negara yang lain," katanya.

Selain itu, lanjutnya lomba tersebut dilaksanakan juga untuk menunjukkan kepada ASEAN melalui asosiasi desa di ASEAN bahwa penguatan desa wisata Indonesia sudah bagus.

"(Asosiasi tersebut) sementara ini mengangkat tiga isu yaitu desa wisata, satu desa satu produk, dan desa digital. Ini yang akan kita bawa ke forum-forum internasional minimal pada level Asia," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut ia juga menyampaikan harapannya agar pengembangan desa Indonesia yang dikelola BUMDes berbasis alam atau jangan berbasis pabrikan.

Sementara itu, Wali Kota Pariaman Genius Umar mengatakan pihaknya optimis dapat menjuarai Lomba Desa Wisata Nusantara 2023 karena banyak keunggulan baik dari keindahan maupun komitmen dari pengurus BUMDes.

"Tahap awalnya sudah dipilih (untuk peluncuran) berarti sudah ada nilai awal, tinggal kita mempertahankan dan meningkatkan nilai tersebut," ujarnya.

Menurutnya kunjungan menteri ke Pariaman sudah menjadi nilai positif bagi pariwisata dan ekonomi di daerah itu. Diharapkan dengan kunjungan menteri ke Desa Apar maka warga, pemerintah desa, dan pengurus BUMDes dapat lebih meningkatkan pariwisata di desanya lebih baik lagi.

Sebelumnya, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengungkapkan akan meluncurkan lomba Desa Wisata Nusantara tahun 2023 di Kota Pariaman, Sumatera Barat pada 11 Agustus 2023.

“Insya Allah lomba desa wisata ini akan diluncurkan di Desa Apar, Kecamatan Pariaman Utara oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar," kata Direktur Pembangunan Sarana dan Prasarana Desa dan Pedesaan Kemendes PDTT Nursaid di Padang.

Hal tersebut disampaikan Nursaid saat membuka kegiatan Ekspedisi Nasional Youth Conference yang mengusung tema "Kolaborasi: budaya dalam ekspedisi untuk nagari di surga tersembunyi yang diselenggarakan Universitas Andalas.