Kemenag Padang Panjang luncurkan dua Kampung Moderasi Beragama (KMB)

id Kemenag Padang Panjang,Berita padang panjang,Berita sumbar

Kemenag Padang Panjang luncurkan dua Kampung Moderasi Beragama (KMB)

Kemenag Padang Panjang luncurkan dua Kampung Moderasi Beragama (KMB)

Padang Panjang (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, luncurkan dua Kampung Moderasi Beragama (KMB) 2023, Rabu (26/7). Dua kampung tersebut berlokasi di Kelurahan Tanah Pak Lambik, Kecamatan Padang Panjang Timur dan Kelurahan Tanah Hitam, Kecamatan Padang Panjang Barat tepatnya di Perumahan Rusunawa.

Kepala Kantor Kemenag Padang Panjang, Drs. H. Alizar, M,Ag, menjelaskan KMB adalah sebuah konsep yang muncul di Indonesia untuk mewujudkan kehidupan beragama yang moderat dan harmonis dalam masyarakat.

"KMB ini merupakan program Pemerintah Pusat yang pada hari ini di-launching serentak se-Indonesia. KMb bertujuan menciptakan lingkungan sosial yang menghormati perbedaan agama, saling toleran dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebhinekaan,” kata dia.

Ia menjelaskan KMB, mengedepankan pendekatan inklusif dan dialog antar umat beragama. Di dalamnya, warga bisa hidup berdampingan dengan damai, saling menghormati dan bekerja sama dalam berbagai kegiatan keagamaan, sosial dan budaya.

“Konsep ini juga menekankan pada pemahaman agama yang wasati (moderat) dan menghindari sikap ekstremisme serta konflik keagamaan yang ada di Kota Padang Panjang khususnya,” jelasnya.

Alizar, menambahkan selain di Kota Padang Panjang, hari ini ada 1.000 KMB yang diluncurkan secara resmi oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Agama.

“Kegiatan ini untuk merawat kerukunan dan memperkokoh semangat kebangsaan dengan penerapan sembilan nilai moderasi beragama untuk penguatan civil society,” ucapnya.

Launching Kampung Moderasi Beragama (KMB) di Kelurahan Tanah Pak Lambik dan Kelurahan Tanah Hitam tersebut juga dihadiri Camat Padang Panjang Barat Fiori Agustian, S.IP, Camat Padang Panjang Timur Drs. Asrul dan aparat Kelurahan.