Pemkab Tanah Datar gelar kampanye dan sosialisasi pencegahan TBC

id Pemkab Tanah Datar,Berita tanah datar,Bupati Tanah Datar Eka Putra

Pemkab Tanah Datar gelar kampanye dan sosialisasi pencegahan TBC

Bupati Tanah Datar Eka Putra (tengah) foto bersama dengan peserta kampanye dan sosialisasi TBC (Antara/HO)

Batusangkar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar gelar kampanye Tuberkulosis (TBC) dan sosialisasi program inovasi tim handal eliminasi sebagai motivator dan negosiator terapi pencegahan dan pengobatan penyakit Tuberkulosis (The Moneter Crisis) di Emersia Hotel Batusangkar pada Kamis (20/7).

Bupati Tanah Datar Eka Putra di Batusangkar Kamis, mengatakan kegiatan tersebut sangat penting untuk membangun kesadaran masyarakat dalam mengantisipasi penyebaran penyakit TBC di Tanah Datar.

"Saya berharap melalui kampanye dan inovasi ini bisa membantu dan penanganan kasus TBC di Tanah Datar ini," kata dia.

Meski tidak merinci, Bupati menyebut hingga saat ini masih ada ditemukan beberapa kasus TBC di Tanah Datar.

Untuk memutus rantai penularan TBC tersebut bupati Tanah berharap dukungan dan komitmen bersama hingga Indonesia bebas dari TBC di tahun 2030.

Dia juga berharap masyarakat secara aktif melaporkan jika menemukan kasus TBC ke pihak terkait untuk menekan penularan TBC di sekitarnya.

"Maka dari itu sudah menjadi tugas bersama untuk memerangi penyakit yang menular ini, agar hilang di Tanah Datar," ujar dia.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Tanah Datar dr. Yesrita mengatakan kampanye dan sosialisasi tersebut melibatkan sebanyak 172 orang terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Tanah Datar pemuda pelopor inovasi, penyintas TBC, komunitas peduli TBC, kader TBC remaja, petugas pengelola TBC dan kontak erat TBC.

Adapun tujuannya untuk memperkuat kerjasama dan komitmen seluruh pihak dalam mencapai eliminasi TBC.

"Kegiatan ini diperlukan agar seluruh pihak dapat menginformasikan penyakit TBC ke masyarakat, sehingga apabila ada gejala muncul TBC di tengah masyarakat, ia segera memeriksakan diri fasilitas kesehatan," kata dia.