BMKG minta sejumlah wilayah di Indonesia waspadai potensi hujan lebat

id Hujan lebat,BMKG minta sejumlah wilayah waspadai hujan lebat,waspadai potensi hujan lebat,BMKG,Bibit siklon,badai

BMKG minta sejumlah wilayah di Indonesia waspadai potensi hujan lebat

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara potensi hujan sedang dan lebat masih akan terjadi dihampir seluruh wilayah Sultra terkhusus di Kota Kendari. (Antara/Ho)

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta sejumlah wilayah di Indonesia untuk mewaspadai adanya potensi hujan lebat dengan kecepatan lebih dari 50 milimeter pada hari ini yaitu Sabtu (15/7).

Berdasarkan laman resmi BMKG yang dikutip ANTARA di Jakarta, Sabtu, potensi hujan lebat diperkirakan terjadi di Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan dan Lampung.

Hujan lebat juga berpotensi dialami oleh Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Di sisi lain, Deputi Meteorologi BMKG Guswanto mengingatkan bibit siklon tropis 95W yang terdeteksi di Filipina juga berpotensi memengaruhi cuaca Indonesia yaitu hujan sedang hingga lebat Kepulauan Riau dan Kalimantan Utara.

Selain itu, bibit siklon juga dapat memengaruhi tinggi gelombang hingga 1,25-2,5 meter di perairan Kepulauan Natuna, Laut Sulawesi bagian barat, Samudera Pasifik utara Halmahera, serta Papua.

"Gelombang laut lebih tinggi di kisaran 2,5-4 meter berpotensi terjadi di Laut Natuna Utara," ujarnya.

Sementara itu, angin kencang dengan kecepatan lebih dari 45 kilometer per jam pun turut berpotensi menerjang beberapa wilayah seperti Sumatera Selatan, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat dan Papua.

Selain angin kencang, hujan disertai kilat atau petir pun harus diwaspadai oleh beberapa wilayah tersebut mulai dari Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung sampai Lampung.

Wilayah seperti Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku Utara serta Papua Barat turut waspada dengan hujan disertai kilat dan petir itu.