Seorang haji tertua asal Pasaman Barat meninggal di Mekkah

id Haji,jamaah haji meninggal,jamaah haji tertua,pasaman barat

Seorang haji tertua asal Pasaman Barat meninggal di Mekkah

Pembimbing Ibadah Kloter 3 Padang Kabupaten Pasaman Barat Suharjo Lubis saat mengurus jenazah jamaah haji yang meninggal dunia di Mekkah, Rabu (5/7). (ANTARA/HO-Pribadi).

Simpang Empat,- (ANTARA) - Seorang haji tertua dari Kavlingan Bandarjo Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat atas nama Marwan Luthan Adam (95) meninggal dunia di Mekkah, Rabu (5/7), sekitar pukul 20.00 waktu Arab Saudi.

"Almarhum merupakan jamaah tertua dalam rombongan asal Pasaman Barat dan akan dikebumikan di Masjidil Haram, Mekkah hari ini," kata Pembimbing Ibadah Kloter 3 Padang Suharjo Lubis saat dihubungi via telepon, Kamis.

Menurutnya almarhum mengalami sakit radang paru-paru. Dia dirawat setelah pulang dari Arafah dan Mina serta rukun haji telah selesai tinggal tawaf ifadah.

"Semoga almarhumah husnul khatimah," katanya.

Ia mengatakan hingga saat ini dari 317 haji asal Pasaman Barat yang menunaikan ibadah sudah dua orang yang meninggal dunia di Mekkah.

"Sebelumnya atas nama Mastiarni (66) meninggal dunia di Mina Mekkah pada Kamis (29/6)," sebutnya.

Jamaah asal Pasaman Barat yang menunaikan ibadah haji pada 2023 ini berjumlah 317 orang. Seorang haji termuda atas nama Aldi Mulia Permana berusia 22 tahun dan tertua Marwan yang berusia 95 tahun.

Adapun rincian jamaahnya dari Kecamatan Pasaman sebanyak 111 orang, Kecamatan Kinali 58 orang, Lembah Melintang 30 orang, Luhak Nan Duo 33 orang, Sungai Beremas 18 orang, Koto Balingka 12 orang dan Talamau 10 orang.

Kemudian dari Kecamatan Ranah Batahan 14 orang, Gunung Tuleh 12 orang, Sasak Ranah Pasisie 4 orang, dan Sungai Aur sebanyak 13 orang serta ditambah dengan petugas pembimbing dan juga tenaga medis.