Kloter pertama jamaah haji Sumatera Barat dijadwalkan tiba 17 Juli

id haji sumatera barat,pemulangan jamaah haji,haji 2023,padang

Kloter pertama jamaah haji Sumatera Barat dijadwalkan tiba 17 Juli

Arsip Foto - Petugas membantu anggota jamaah haji asal Sumatera Barat. (ANTARA/HO-Humas Kemenag Sumbar)

Padang (ANTARA) - Kelompok terbang (kloter) pertama jamaah haji dari Provinsi Sumatera Barat dijadwalkan tiba di Bandar Udara Internasional Minangkabau di Kabupaten Padang Pariaman pada 17 Juli 2023.

"Insya Allah kloter pertama akan mendarat di Bandara Internasional Minangkabau 17 Juli dini hari pukul 03.45 WIB," kata Pelaksana Harian Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat Zilwadi di Padang, Selasa.

Zilwaldi menyampaikan, kloter pertama jamaah haji dari Sumatera Barat dijadwalkan berangkat dari Bandara King Abdulaziz di Kota Jeddah, Arab Saudi, pada 16 Juli 2023.

Menurut dia, kloter pertama jamaah haji Sumatera Barat beranggotakan 393 orang yang meliputi 388 orang asal Kota Padang dan petugas haji.

"Sampai hari ini kloter pertama masih penuh dan insya Allah pulang dengan selamat," kata dia.

Ia menambahkan, kloter kedua jamaah haji asal Sumatera Barat dijadwalkan berangkat dari Jeddah pada 17 Juli 2023 dan sampai di Bandar Udara Internasional Minangkabau pada hari berikutnya.

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat sudah mempersiapkan penyambutan jamaah haji di Debarkasi Haji Padang.

"Kami terus menyiapkan berbagai hal untuk menyambut kedatangan jamaah haji," kata Zilwaldi.

Ia menjelaskan bahwa setelah jamaah haji mendarat di Bandar Udara Internasional Minangkabau, petugas akan langsung mengantar mereka ke Debarkasi Haji Padang menggunakan bus.

Setelah jamaah haji sampai di Debarkasi Haji Padang, Kantor Wilayah Kementerian Agama akan melakukan serah terima jamaah dengan pemerintah kabupaten dan kota. Jamaah haji selanjutnya akan diantar dari debarkasi ke daerah asal masing-masing.

"Kita usahakan jamaah itu tidak berlama-lama di debarkasi karena kita juga tahu mereka pasti sudah sangat rindu dengan sanak keluarganya," kata Zilwaldi.