Timsel Bawaslu ajukan empat nama ikut uji kelayakan dan kepatutan

id Bawaslu Sumbar,Padang,Sumbar,padang

Timsel Bawaslu ajukan empat nama ikut uji kelayakan dan kepatutan

Tim Seleksi Calon Anggota Bawaslu Sumbar saat memberikan keterangan pers. (ANTARA/Mario Sofia Nasution)

Padang (ANTARA) - Tim Seleksi Calon Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sumatera Barat mengajukan empat nama kepada Bawaslu RI untuk mengikuti uji kelayakan dan kepatutan.

Sekretaris Timsel Bawaslu Sumbar Yose Hendra di Padang, Kamis, mengatakan empat nama yang telah lolos tahapan tes kesehatan dan wawancara, yaitu Febrian Bartez, Vifner, Yunasti Helmy, dan Zulnaidi.

Proses berikutnya, empat kandidat calon anggota Bawaslu Sumbar itu akan mengikuti tahapan yang diselenggarakan Bawaslu RI.

"Sebagai timsel, kami menuntaskan seleksi sampai empat besar. Tahapan selanjutnya uji kepatutan dan kelayakan yang dilaksanakan Bawaslu RI guna menentukan dua peserta terpilih sebagai anggota Bawaslu Sumbar," katanya.

Yose mengatakan masyarakat dapat menyampaikan tanggapannya mengenai nama-nama hasil dari rangkaian seleksi tersebut. Masyarakat yang mengetahui tentang profil dan rekam jejak bakal calon yang telah lulus tersebut dapat menyampaikan masukan dan tanggapan kepada Bawaslu RI menggunakan formulir yang telah disediakan.

"Masyarakat dimohon untuk memberikan tanggapan tertulis terhadap calon anggota Bawaslu Sumbar. Identitas pelapor akan dirahasiakan," katanya.

Dia menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bersama-sama mengawal rangkaian seleksi yang sudah dilakukan sampai saat ini.

"Kita usulkan empat nama, kemudian Bawaslu RI akan menetapkan dua nama untuk dilantik menjadi anggota Bawaslu Sumbar. Sementara dua nama lainnya menjadi cadangan atau pengganti antarwaktu (PAW)," ujarnya.

Yose menambahkan pelaksanaan tahapan seleksi calon anggota Bawaslu Sumbar berlangsung secara transparan, jujur dan bisa dipertanggungjawabkan kepada publik.

Timsel mencari dua orang calon anggota Bawaslu Sumbar karena dua dari lima anggota Bawaslu habis masa tugasnya pada tahun ini. Sedangkan tiga anggota Bawaslu Sumbar yang telah dilantik, yakni Muhamad Khadafi, Beny Aziz, dan Alni.