Bupati lantik pengurus Asosiasi Bawang Merah Indonesia Kabupaten Solok

id Bupati lantik pengurus, Asosiasi Bawang Merah Indonesia, Kabupaten Solok

Bupati lantik pengurus Asosiasi Bawang Merah Indonesia Kabupaten Solok

Bupati Solok Epyardi Asda saat melantik pengurus Asosiasi Bawang Merah Indonesia Kabupaten Solok, Sumbar (ANTARA/HO-Diskominfo Solok)

Arokusa (ANTARA) - Bupati Solok Epyardi Asda melantik serta mengukuhkan pengurus Asosiasi Bawang Merah Indonesia yang telah terbentuk untuk wilayah Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar).

"Alhamdulillah kita telah melantik Asosiasi Petani Bawang Merah Indonesia Kabupaten Solok. Ini merupakan terobosan yang cukup bagus bagi para petani bawang merah di Kabupaten Solok," kata Epyardi di Solok, Sabtu.

Menurut dia potensi penghasil bawang merah itu akan meningkatkan ekonomi di Kabupaten Solok. Untuk itu, ia berharap ke depannya Dinas Pertanian Kabupaten Solok dapat menggali potensi-potensi di bidang pertanian di daerah itu.

"Target kita ke depannya Kabupaten Solok ini menjadi penghasil bawang terbesar di Sumatera," ucap dia.

Lebih lanjut, ia mengatakan dengan adanya asosiasi ini, Pemda akan memfasilitasi para petani untuk meningkatkan kapasitas dan pengetahuan para petani bawang di Kabupaten Solok.

"Saya berharap mudah-mudahan Kabupaten Solok akan bangkit dan ekonomi tumbuh sehingga tidak ada lagi stunting di Kabupaten Solok," ujar dia.

Ia juga meminta kepada para petani untuk mengusulkan apa saja yang dibutuhkan di bidang pertanian ke Pemda dengan tidak melanggar aturan yang berlaku.

Kepala Dinas Pertanian Kenedy Hamzah mengatakan saat ini penanaman bawang merah di Kabupaten Solok mencapai 13 ribu tanaman yang terfokus di Kecamatan Lembah Gumanti, Danau Kembar dan Lembang Jaya.

"Saat ini telah berkembang ke Kecamatan Pantai Cermin, Hiliran Gumanti, dan Gunung Talang," ujar dia.

Lebih lanjut, ia mengatakan mengenai terbentuknya asosiasi petani bawang merah ini setelah difasilitasi oleh pimpinan untuk melakukan studi banding tentang bawang merah ke Kabupaten Brebes.

Di samping itu, Ketua Umum Asosiasi Bawang Merah Indonesia, Kabupaten Solok Juwari Kabupaten Solok mempunyai potensi bawang merah yang sangat besar.

"Mudah-mudahan Kabupaten Solok ini menjadi penghasil bawang merah terbesar di Sumatera," ucap dia.

Ia juga berpesan kepada para petani bawang merah di daerah itu agar menggunakan pupuk organik karena kebutuhan eksport harus memenuhi syarat sesuai dengan ketentuan.