Pemkot Sawahlunto bantu masyarakat berdayakan lahan pekarangan jadi produktif

id Lahan Pekarangan, sawahlunto, walikota

Pemkot Sawahlunto bantu masyarakat berdayakan lahan pekarangan jadi produktif

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta serahkan bantuan benih sayuran untuk kader PKK, agar ditanam di lahan pekarangan, Rabu. (ANTARA/Yudha Ahada/23)

Sawahlunto (ANTARA) - Pemerintah Kota Sawahlunto, Sumatera Barat sedang mendorong dan membantu masyarakat untuk memberdayakan lahan pekarangan agar bisa jadi produktif.

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta, di Sawahlunto, Rabu menyampaikan lahan tersebut diberdayakan dengan pertanian, peternakan dan perikanan.

"Jadi kita mengajak dan membantu masyarakat yang memiliki lahan pekarangan atau lahan produktif supaya lahan tersebut bisa ditingkatkan nilai ekonominya. Jadi bisa ditanam sayur atau buah, atau beternak ayam, sapi atau kambing, atau bisa juga budidaya ikan," ujar dia menjelaskan.

Ia menyebut untuk mendukung masyarakat memberdayakan lahan tersebut, Pemkot Sawahlunto membantu menyediakan benih seperti benih cabe untuk keluarga miskin, benih sayuran untuk kader PKK dan Kelompok Wanita Tani (KWT), kemudian benih durian untuk kelompok tani.

"Kemudian dari Pemerintah Desa itu sudah mulai ada beberapa yang memberikan bantuan benih sayuran kepada keluarga beresiko stunting. Contohnya pada hari ini itu ada Desa Talawi Mudiak yang menyerahkan bantuan benih sayuran kepada masyarakat," katanya.

Ia kemudian menghimbau agar jajaran Pemerintah Desa yang lain supaya bersama-sama mengalokasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) untuk mendukung gerakan pemberdayaan lahan pekarangan dan lahan produktif tersebut.

Wali Kota Deri mengatakan gerakan yang selaras dengan konsep tanam cepat panen cepat itu termasuk dalam salah satu dari sepuluh solusi pengendalian inflasi.

"Sesuai arahan pemerintah pusat, pengendalian inflasi bisa dilakukan di daerah melalui mengoptimalkan potensi pertanian masyarakat. Di Sawahlunto kita tindaklanjuti dengan Gerakan Tanam (Gertam) ini," kata dia.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sawahlunto Henni Purwaningsih menyebut Gerakan Tanam itu secara simbolis diselenggarakan serentak di seluruh Kecamatan dengan melibatkan komponen masyarakat seperti KWT, PKK, Babinkamtibmas/Babinsa dan Kelompok Masyarakat lainnya.

"Nanti akan dikembangkan secara masif di semua Desa dan Kelurahan. Sementara peluncurannya tadi di Kecamatan Barangin pada Dusun Koto Desa Talago Gunuang, kemudian Kecamatan Lembah Segar pada KWT Harapan Bunda Kelurahan Air Dingin, Kecamatan Silungkang pada KWT Beringin Jaya Desa Muaro Kalaban dan Kecamatan Talawi di Desa Talawi Mudiak," katanya.