Pemerintahan terdepan di Sawahlunto ajak masyarakat sukseskan Sensus Pertanian

id Wakil Wali Kota Sawahlunto,Pemkot sawahlunto

Pemerintahan terdepan di Sawahlunto ajak masyarakat sukseskan Sensus Pertanian

Wawako Sawahlunto Zohirin Sayuti menyampaikan arahannya dalam Rakor Sosialisasi Sensus Pertanian Tahun 2023, Rabu. (Antarasumbar/Yudha Ahada) (ANTARA/HO-Prokopim)

Sawahlunto (ANTARA) - Wakil Wali Kota Sawahlunto, Sumatera Barat Zohirin Sayuti mengarahkan jajaran pemerintahan terdepan untuk mensosialisasikan dan mengajak masyarakat agar mendukung pelaksanaan Sensus Pertanian Tahun 2023.

"Pemerintah Desa dan Kelurahan tolong berperan untuk ikut menyampaikan dan mengajak masyarakat supaya mendukung Sensus Pertanian 2023 ini dengan memberikan informasi yang jujur dan lengkap. Kalau ada masyarakat yang ragu atau takut karena memperoleh informasi yang salah, maka di situ desa dan lurah harus memberikan sosialisasi, " kata Wawako Zohirin Sayuti, di Sawahlunto, Rabu ketika membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Sosialisasi Sensus Pertanian Tahun 2023.

Disebutkan dia, data-data yang nanti diperoleh dari Sensus Pertanian Tahun 2023 ini merupakan rujukan strategis dalam pengambilan kebijakan dan menjalankan program baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

"Mengingat pentingnya informasi yang bisa diperoleh dari Sensus Pertanian ini maka kita bersama harus mendukung dan menyukseskannya. Apalagi Sensus Pertanian ini diselenggarakan hanya sekali dalam sepuluh tahun, tidak setiap tahun, maka mari maksimalkan kesempatan sekarang ini," katanya.

Sementara Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Sawahlunto Yerison Buchari menjelaskan pihaknya akan melaksanakan tahapan pendataan lapangan Sensus Pertanian Tahun 2023 pada 01 Juni sampai 31 Juli nanti.

"Kita menurunkan petugas lapangan sebanyak 48 orang. Mereka ini turun mendata langsung menemui rumah tangga yang mengusahakan pertanian dan peternakan," kata dia.

Atas dukungan dan kerja sama dari Pemkot Sawahlunto terutama jajaran pemerintah terdepan, Yerison menyampaikan apresiasi dan terima kasih.

"Sensus Pertanian ini memang membutuhkan dukungan seluruh pihak, sehingga petugas-petugas kita bisa bekerja dengan maksimal. Terima kasih dukungan dari Pemko dan seluruh pihak-pihak lain," katanya.