Tingkatkan kapasitas, 30 Satlinmas Padang Panjang ikuti Bimtek

id Satlinmas Padang Panjang ikuti,berita padang panjang,berita sumbar,pemkot padang panjang

Tingkatkan kapasitas, 30 Satlinmas Padang Panjang ikuti Bimtek

Padang Panjang (ANTARA) - Sekretaris daerah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si, mengatakan Satlinmas bisa menjadi organisasi yang menjadi lini terdepan dalam masyarakat, siap membantu masyarakat, dan pemerintah khususnya di kelurahan dalam berbagai hal, seperti bencana alam, trantibum dan lainnya, termasuk dalam pengamanan saat pemilu dan Pilkada.

“Jumlah Satlinmas di Kota Padang Panjang ini ada 390 orang. Namun 30 orang ini merupakan orang terpilih yang mendapatkan tambahan ilmu dalam Bimtek Peningkatan Kapasitas Anggota Satlinmas,” ujar Sonny saat menghadiri Bimbingan teknis (Bimtek) Peningkatan kapasitas anggota Satlinmas, di hotel Pangeran, Kamis (25/5).

Menurut dia, Pemko Padang Panjang, bersama dengan Satlinmas merupakan suatu kesatuan yang saling terikat. Ke depan, ada kegiatan-kegiatan dan momen tertentu Satlinmas ini selalu dilibatkan, tidak hanya saat pemilu atau pilkada.

“Untuk membangun sebuah daerah, butuh kerja sama dan kolaborasi. Untuk melindungi masyarakat, tidak hanya pemerintah daerah namun butuh peran serta dari masyarakat seperti Satlinmas ini. Agar tercapainya iklim dan suasana kota yang kondusif,” jelas Sonny.

Dia mengatakan, ditingkat kelurahan, Satlinmas bekerja sama dengan kelurahan dan berkoordinasi mendukung bagaimana membangun visi dan misi dari kepala daerah. Begitu juga dengan bagaimana pembangunan berjalan dengan baik dan lancar, membantu pengamanan seperti saat bantuan sosial maupun peningkatan ekonomi.

Kepada Bidang Linmas dan Damkar Satpol PP Damkar Provinsi Sumbar, Hendri Oktavian Hatta, S.H pada kesempatan tersebut menyebutkan, tujuan bimtek ini guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan anggota Satlinmas dalam melakukan penyelenggaraan ketertiban umum dan ketenteraman serta perlindungan masyarakat.

“Kita tumpangkan harapan kepada Satlinmas peserta Bimtek, sebagai garda terdepan bagaimana menciptakan perlindungan dan ketertiban kepada masyarakat. Baik itu kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan masyarakat, penanggulanan bencana dan pemilu serta pilkada ke depannya. Peran Satlinmas sangat penting dan diharapkan masyarakat,” jelasnya.

Bimtek peningkatan kapasitas Satlinmas tersebut digelar Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran (Satpol PP Damkar) Kota Padang Panjang bekerja sama dengan Satpol PP Damkar Provinsi Sumatera Barat dengan peserta sebanyak 30 orang peserta dan dibuka Sekretaris Daerah Kota (Sekdako), Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si, sekaligus memberikan materi terkait Peran Satlinmas dalam Mendukung Visi dan Misi Kepala Daerah.

Selain pemateri dari dari Satpol PP Provinsi Sumbar tentang Optimalisasi Peran Satlinmas dalam Penyelenggaraan Tibum Tranmas dan Perlindungan Masyarakat juga dari Satpol PP Kota Padang Panjang, tentang Penguatan Tugas dan Fungsi Satlinmas Kelurahan dan Pengetahuan Dasar Penanggulangan Bencana dari BPBD Kesbangpol Kota yang disampaikan I Putu Venda, S.STP, M.Si. Serta Peran Satlinmas dalam Penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada oleh Ketua KPU Padang Panjang, Okta Novisyah, S.Sos.I.