Bupati: GenRe membantu remaja lewati lima transisi kehidupan

id GenRe,Bupati Solok Selatan Khairunas,Berita sumbar,Berita solsel

Bupati: GenRe membantu remaja lewati lima transisi kehidupan

Bupati Solok Selatan Khairunas foto bersama dengan para remaja yang mengikuti pemilihan duta Generasi Berencana (GenRe) Kabupaten itu, di Padang Aro, Senin. Antara/ErikĀ 

Padang Aro (ANTARA) - Bupati Solok Selatan, Sumatera Barat Khairunas mengatakan Generasi Berencana (GenRe) membantu remaja memiliki perencanaan dalam mempersiapkan dan melewati lima transisi kehidupan.

"GenRe bakal mempersiapkan remaja dalam melewati transisi kehidupan dengan mempraktikan hidup bersih dan sehat, berpendidikan, memulai berkarir, menjadi anggota masyarakat yang baik serta membangun keluarga yang berkualitas," katanya saat Audisi Duta GenRe Solok Selatan di Aula Sarantau, di Padang Aro, Senin.

Dia mengatakan, audisi duta GenRe dilakukan untuk memilih remaja atau young generation, yang memiliki skill membantu pembangunan dan menjadi icon remaja yang baik serta mengajak remaja lainnya untuk menghindari hal-hal yang bisa merusak masa depan.

Dengan terpilihnya duta GenRe katanya, akan menjadi menjadi role model sebagai remaja yang memiliki rencana dalam hidupnya.

Selain itu juga menjadi perpanjangan tangan pemerintah untuk memberikan edukasi, konseling dan mencegah pernikahan dini, seks pra-nikah serta napza.

Ia berharap, kaula muda di kabupaten itu bisa menjadi generasi terencana, berpendidikan, berkarir dan menjadi anggota masyarakat yang baik serta membangun keluarga yang berkualitas supaya visi Indonesia emas tahun 2045 bisa tercapai.

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Sejahtera Yenni Efrianti mengatakan pemilihan duta GenRe merupakan upaya menyiapkan generasi muda Solok Selatan untuk mampu mengisi bonus demografi yang telah dilakukan oleh berbagai pihak dengan mengembangkan dan meningkatkan kualitas remaja.

Dari audisi ini diharapkan akan diperoleh 15 pasang calon peserta yang akan bersaing pada grand final tingkat Kabupaten yang selanjutnya akan menjadi perwakilan duta GenRe yang akan bersaing di tingkat Provinsi.

"Kegiatan ini guna mengembangkan dan membangun kreatifitas, keterampilan dan menumbuhkan semangat baru serta meningkatkan komitmen dan partisipasi remaja terhadap program GenRe sebagai wujud dari revolusi mental," ujarnya.

Duta GenRe terpilih diharapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan perilaku remaja di lingkungan sekolah dan luar sekolah.

Selain itu juga menjadi role model remaja dengan kemampuan, keterampilan dan kreatifitas dalam pengelola/pelaksanaan PIK-R/M di Solok Selatan.