LKKPN libatkan masyarakat jaga Kawasan Konservasi Pulau Pieh Sumbar

id LKKPN,Pulau Pieh,konservasi

LKKPN libatkan masyarakat jaga Kawasan Konservasi Pulau Pieh Sumbar

LKKPN Pekanbaru dan Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar gelar diskusi terkait pengawasan kawasan konservasi Pulau Pieh (ANTARA/Mario Sofia Nasution)

Padang (ANTARA) - Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional (LKKPN) Pekanbaru melibatkan kelompok masyarakat dalam menjaga Kawasan Konservasi Pulau Pieh di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar).

Kepala LKKPN Pekanbaru Fajar Kurniawan di Padang, Jumat, mengatakan ada lima kelompok masyarakat yang turut berperan dalam menjaga kawasan konservasi itu.

Ia mengatakan kelompok masyarakat ini aktif dalam kegiatan perlindungan dan pelestarian penyu dan terumbu karang dan lainnya. Selain itu mereka juga aktif terkait kebersihan lingkungan, memungut sampah dari pulau bando ke daratan.

Kemudian ada kelompok Sanari Yayasan Minang Bahari itu mereka memiliki keahlian menyelam di Sumbar ada di Sanari.

"Mereka membantu kita dalam menyampaikan sosialisasi kepada masyarakat dan memang sumber daya mereka tentang konservasi sudah banyak," kata dia.

Ia menilai kesadaran dan kepedulian masyarakat Sumbar dalam menjaga kawasan konservasi relatif baik, hal ini terbukti dengan kearifan lokal masyarakat yang secara sadar akan melepas kembali penyu dan lumba-lumba yang tersangkut jaring.

"Ini tentu kearifan lokal yang baik dan menjaga kawasan konservasi," kata dia

Pihaknya memberikan bantuan alat menyelam untuk Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi (Kompak) berupa alat menyelam kepada Tabuik Diving Club (TDC) Kota Pariaman.

Menurut dia bantuan itu akan digunakan untuk melakukan monitor kesehatan dan rehabilitasi terumbu karang, dan memanfaatkan kawasan konservasi untuk kegiatan eko wisata.

"Bantuan alat selam itu bernilai Rp49 juta yang nantinya dimanfaatkan secara luas oleh kelompok tersebut," kata dia.

Menurut dia bantuan tersebut merupakan bentuk insentif yang diberikan pemerintah karena mereka telah memiliki kontribusi besar dalam pelestarian, perlindungan dan pemanfaatan wilayah konservasi secara berkelanjutan.

"Bantuan ini rutin kita salurkan setiap tahun dan anggaran untuk operasi kita juga cukup untuk melakukan pengawasan, edukasi dan sosialisasi kawasan konservasi ini kepada masyarakat," kata dia.