PT KAI Divre Sumbar angkut 116.718 penumpang pada periode lebaran 2023

id KA sibunuang, KAI Sumbar,padang

PT KAI Divre Sumbar angkut 116.718 penumpang pada periode lebaran 2023

Masyarakat menggunakan moda transportasi kereta api di Sumbar. (ANTARA/PT KAI Divre II Sumbar)

Padang (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre 2 Sumatera Barat(Sumbar) mengangkut 116.718 penumpang pada periode H-10 sampai H+10 Lebaran atau 12 April sampai 3 Mei 2023, jauh di atas target 101.798 penumpang.

Vice President PT KAI (Persero) Divre II Sumbar Sofan Hidayah di Padang, Jumat mengatakan Kereta Api (KA) Sibinuang menjadi pilihan favorit masyarakat pada periode Lebaran dengan melayani 86.148 penumpang. Sementara itu KA Minangkabau Ekspres mengangkut 22.226 penumpang dan KA Lembah Anai 8.354 penumpang.

Jumlah itu naik 43 persen dibandingkan pada periode Angkutan Lebaran 2022, serta mencapai 114 persen jika dibandingkan dengan program yang telah ditetapkan sebanyak 101.798 penumpang.

Ia mengatakan selama Angkutan Lebaran 2023, KAI Divre II Sumbar mengoperasikan rata-rata 26 KA per hari. Adapun On Time Performance kereta api selama Angkutan Lebaran 2023 mencapai target yang ditentukan yakni 100 persen.

"Pencapaian ketepatan waktu kereta api yang sangat bagus tersebut dipengaruhi oleh semakin membaiknya program perencanaan Angkutan Lebaran 2023 serta peningkatan kinerja operasional," katanya.

Puncak volume penumpang terjadi pada H+7 sebanyak 8.291 pelanggan. Rute favorit pelanggan yaitu Padang - Pariaman pulang-pergi, Padang - Bandara Internasional Minangkabau pulang-pergi, dan Padang - Kayutanam pulang-pergi.

“Pencapaian tersebut tidak bisa dilakukan tanpa adanya kolaborasi, sinergi, dan kerja sama yang harmonis dari seluruh jajaran Divre II Sumbar, dengan semangat gotong royong memberikan pelayanan dengan kualitas yang lebih baik dari tahun-tahun yang sebelumnya,” kata Vice President PT KAI (Persero) Divre II Sumbar Sofan Hidayah.

Sofan mengatakan, KAI akan melakukan perbaikan-perbaikan di berbagai bidang seperti sarana, prasarana, pelayanan, dan utamanya keselamatan dari evaluasi yang dilakukan setiap hari selama posko Angkutan Lebaran 2023. Hal ini dilakukan dalam rangka mempersiapkan diri untuk Angkutan Natal dan Tahun Baru di akhir tahun ini maupun angkutan Lebaran di tahun depan.

Pasca Angkutan Lebaran 2023 ini, KAI Divre II Sumbar terus meningkatkan kualitas pelayanan dan keandalan seluruh sarana dan prasarana, termasuk penanganan-penanganan dalam kondisi yang darurat.

KAI juga menyampaikan apresiasi kepada para pelanggan atas kepercayaannya menggunakan kereta api sebagai moda transportasi pilihan pada Angkutan Lebaran 2023.

“Terima kasih atas kerja sama seluruh stakehokders yang telah memberikan dukungan, Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, Pemerintah Daerah, TNI, Polri, serta anggota komunitas pecinta KA, dan utamanya kepada masyarakat yang telah tertib melakukan perjalanan mudik dan balik. Sehingga Angkutan Lebaran tahun ini berjalan dengan lancar, aman, dan berkesan,” ujarnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PT KAI Divre Sumbar angkut 116.718 penumpang pada periode lebaran 2023