Bupati ajak perantau Sulit Air berinvestasi untuk kemajuan Kabupaten Solok

id Bupati, ajak perantau, Sulit Air berinfestasi, untuk kemajuan, Kabupaten Solok

Bupati ajak perantau Sulit Air berinvestasi untuk kemajuan Kabupaten Solok

Bupati Solok Epyardi Asda (ANTARA/Laila Syafarud)

Solok (ANTARA) - Bupati Solok Epyardi Asda mengajak para perantau di Nagari Sulit Air, Kecamatan X Koto Diatas, Kabupaten Solok, Sumatra Barat agar melakukan investasi untuk membantu pembangunan serta kemajuan daerah Kabupaten Solok.

"Saya mengimbau para perantau jika ada yang ingin berinvestasi di Kabupaten Solok ini. Karena di Kabupaten Solok ini banyak potensi-potensi wisata yang bisa dikembangkan," kata Epyardi di Solok, Minggu saat menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Nagari Sulit Air yang ke 202.

Ia juga mengatakan atas nama kepala daerah ia mengucapkan selamat kepada Nagari Sulit Air karena telah genap berumur 202 tahun dan umur itu lebih tua dari umur Kabupaten Solok.

Menurutnya untuk membangun daerah ini tidak bisa dilakukan sendirian, maka dari itu pemerintah daerah Kabupaten Solok juga membutuhkan kerja sama dengan tokoh-tokoh perantau dari nagari yang ada di Kabupaten Solok.

"Mari kita berkontribusi di kampung halaman yang kita cintai ini dan mudah-mudahan ke depannya Nagari Sulit Air ini dapat menjadi lebih baik lagi," katanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan dengan kolaborasi seperti itu InsyaAllah bermacam pembangunan baik fisik maupun non fisik bisa cepat terlaksana di Kabupaten Solok.

Bupati Solok juga mengapresiasi masyarakat di Nagari Sulit Air karena berkat kerja keras dan kekompakan mereka nagari itu kini dikenal di Indonesia maupun di luar negeri karena keberhasilan tokoh-tokoh dari Nagari Sulit Air.

Pj Wali Nagari Sulit Air Jumaini mengatakan Nagari Sulit air ini banyak menyimpan potensi untuk berkembang, selain dari perantau yang maju dalam usaha juga potensi alam yang menjanjikan.

Ia berharap mudah-mudahan Nagari Sulit Air ini bisa menjadi nagari yang maju dan mandiri.

"Dapat kami laporkan bawah pada tahun ini APB Nagari Sulit Air berjumlah 2,7 milyar dan bantuan dari APBD Kabupaten Solok berjumlah Rp1,8 miliar. Serta bantuan dari anggota DPR RI ibu Athari berjumlah Rp2,2 miliar berupa dana PISEW, 50 unit Sandes, 20 unit BSPS serta beberapa irigasi," kata dia.

Ia juga mengatakan atas nama masyarakat Nagari Sulit Air mengucapkan terima kasih kepada bapak bupati dan kepada Ibu Athari karena telah membantu Nagari Sulit Air.

Di samping itu, Ketua Umum DPP SAS Syamsudin Mukhtar mengatakan bahwa di Nagari Sulit Air ini memiliki potensi Industri Kecil Menengah (IKM) yang tinggi seperti pembuatan peci nasional yang biasa dipakai semua ketika beribadah.

"Maka dari itu kami memohon arahan dan bantuan kepada bapak bupati bagaimana supaya IKM di Nagari Sulit Air ini dapat maju dan berkembang," katanya. ***3***