Istano Basa Pagaruyung masih wisata favorit selama libur lebaran di Tanah Datar

id Istano Basa Pagaruyung,Wisata Tanah Datar

Istano Basa Pagaruyung masih wisata favorit selama libur lebaran di Tanah Datar

Istano Basa Pagaruyung (Antara/Etri Saputra). 

Batusangkar (ANTARA) - Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora) Tanah Datar Hendri Agung Indrianto mengatakan Istano Basa Pagaruyung masih menjadi destinasi unggulan di Kabupaten itu selama libur lebaran Idul Fitri 1444 Hijriyah.

Tercatat sejak Jum'at, 21 April jumlah kunjungan ke Istano Basa Pagaruyung mencapai 887 orang, meningkat menjadi 3.203 orang pada Sabtu, 8.653 orang pada Minggu, dan mencapai 10.053 orang pada libur lebaran ke empat.

"Dari destinasi unggulan Tanah Datar sambut libur lebaran, Istano Basa Pagaruyung masih menjadi tujuan utama wisatawan," kata Agung di Batusangkar Rabu.

Ia menjelaskan secara keseluruhan dari berbagai destinasi wisata unggulan Tanah Datar terhitung Jum'at, 21 sampai 24 April 2023 jumlah kunjungan wisatawan mencapai 42.357 orang.

Dengan rincian untuk objek wisata Lembah Anai tercatat 3.372 orang, Nagari Tuo Pariangan 3.431 orang, Puncak Pato 3.374 orang dan Tanjung Mutiara sebanyak 2.855 orang.

Dia berharap dengan banyaknya kunjungan wisatawan ke objek-objek wisata di Tanah Datar tentunya turut berdampak positif terhadap pendapatan daerah dan perekonomian masyarakat.

Sementara itu Kepala Bidang Pariwisata Tanah Datar Efrison menyampaikan, dengan banyaknya kunjungan wisatawan ke Tanah Datar tersebut memberikan peningkatan pendapatan daerah dan ekonomi masyarakat.

Dia mencontohkan untuk kunjungan ke Istano Pagaruyung saja pada Minggu, 23 April terdapat 8605 kunjungan dengan pendapatan daerah mencapai Rp110.032.500,00.

Untuk itu ia pun berpesan agar pelaku kepariwisataan untuk memberikan pelayanan terbaik seperti keramahtamahan, kebersihan, kepastian harga yang wajar dan pelayanan terbaik di aspek lainnya.

"Tujuannya dengan pelayanan terbaik kita kepada pengunjung akan memberikan kenyamanan dan membuat mereka betah untuk ingin kembali ke Tanah Datar," kata dia.