Pariaman siapkan sejumlah lokasi parkir pada libur lebaran

id Pemkot Pariaman,Berita pariaman,Berita sumbar,Pantai Gandoriah

Pariaman siapkan sejumlah lokasi parkir pada libur lebaran

Ilustrasi - Sejumlah kendaraan memasuki kawasan objek wisata Pantai Gandoriah, Kota Pariaman, Sumbar pada H+1 lebaran 2022. ANTARA/Aadiaat M. S. 

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat menyiapkan sejumlah lokasi parkir guna mengantisipasi lonjakan pengunjung ke sejumlah objek wisata di daerah itu pada Libur Lebaran 2023.

"Kami telah mempersiapkan lokasi parkir selama libur lebaran. Tidak saja dalam objek wisata namun juga di luar," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Pariaman Afwandi di Pariaman, Kamis.

Ia mengatakan lokasi parkir di dalam objek wisata khususnya di Pantai Gandoriah sebagian besar dipakai untuk arena permainan dan pedagang. Jika lokasi parkir di dalam Pantai Gandoriah penuh maka kendaraan akan diparkirkan di luar objek wisata itu.

Ia menyampaikan lokasi parkir di luar objek wisata tersebut yaitu Jalan Nusantara dan beberapa lokasi kosong lain. Namun jika lokasi itu juga penuh maka pihaknya akan menggunakan parkiran Kantor DPRD Padang Pariaman yang lokasinya berdekatan dengan pintu masuk ke objek wisata.

"Tidak saja di parkiran Pantai Gandoriah, kami juga menyediakan tempat parkir di sejumlah lokasi di objek wisata lainnya," katanya.

Ia menyebutkan tarif parkir di Pariaman selama libur lebaran yaitu kendaraan roda 4 dan sejenisnya dikenakan Rp10 ribu per kendaraan, kendaraan roda 2 dikenakan Rp5 ribu per unit, dan bus pariwisata Rp25 ribu per unit.

Pihaknya memprediksi kunjungan ke sejumlah objek wisata di Pariaman akan jauh meningkat daripada tahun-tahun sebelumnya. Oleh karena itu pihaknya mempersiapkan lahan parkir dan rekayasa lalu lintas guna membantu wisatawan dan meminimalisir kemacetan.

Ada sejumlah objek wisata di Pariaman yang dipersiapkan untuk menyambut wisatawan pada libur lebaran namun berdasarkan tahun-tahun sebelumnya Pantai Gandoriah paling ramai dikunjungi.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat membuka delapan objek wisata pada Festival Pantai Piaman Barayo saat libur lebaran mulai dari 23 April sampai 7 Mei 2023.

“Hampir sama dengan tahun kemarin, kami kembali membuka delapan objek wisata resmi untuk mengantisipasi pengunjung yang membludak pada saat libur lebaran dan pesta pantai,” kata Asisten II Setdako Pariaman Elfis Candra di Pariaman.

Ia menyebutkan delapan objek wisata tersebut yaitu Pantai Sunur, Pantai Binasi, Pantai Kata, Pantai Cermin, Pantai Gandoriah, Pulau Angso Duo, Talao Pauh dan Pantai Apar.