Bawaslu Pasaman Barat sosialisasikan pengawasan Pemilu partisipatif ke organisasi masyarakat

id Bawaslu Pasaman Barat,Pemilu 2024,Berita sumbar

Bawaslu Pasaman Barat sosialisasikan pengawasan Pemilu partisipatif ke organisasi masyarakat

Bawaslu Pasaman Barat saat mengadakan sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif kepada organisasi masyarakat dan lembaga lainnya dalam rangka memastikan Pemilu 2024 berjalan sesuai aturan yang ada. (Antara/Altas Maulana). 

Simpang Empat (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat mengadakan sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif kepada organisasi masyarakat dan lembaga lainnya dalam rangka memastikan Pemilu 2024 berjalan sesuai aturan yang ada.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pasaman Barat Emra Patria menegaskan para organisasi masyarakat, organisasi kepemudaan maupun lembaga dan seluruh elemen masyarakat memiliki peran penting dalam penyelenggaraan Pemilu tahun 2024 mendatang.

Salah satunya adalah dalam mencegah terjadinya konflik maupun berbagai pelanggaran Pemilu lainnya.

"Ormas maupun lembaga serta masyarakat memiliki peran besar dalam penyelenggaraan Pemilu. Menjadi bagian dari penyelenggara Pemilu dalam melakukan pengawasan partisipatif, mengurangi dan mencegah terjadinya konflik maupun pelanggaran Pemilu," katanya.

Emra Patria juga menegaskan pentingnya pengawasan Pemilu partisipatif yakni memastikan proses Pemilu berjalan secara demokratis dan sesuai aturan yang ada.

Ia menjelaskan partisipasi masyarakat dalam pemilu 2024 sangat dibutuhkan. Kehadiran dan keterlibatan masyarakat pemilih secara langsung dan kesadaran sendiri sangat menentukan terhadap pelaksanaan Pemilu yg berkualitas dan berintegritas.

Untuk itu pihaknya meningkatkan sosialisasi terhadap pemilih dalam rangka memberikan edukasi kepada masyarakat dalam berdemokrasi sehingga masyarakat ikut mengawal disetiap tahapan pemilunya.

"Melalui sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif ini diharapkan diperoleh gambaran umum terkait pola-pola pengawasan partisipatif, bentuk-bentuk pengawasan partisipatif dan lain sebagainya," harapnya.

Kemudian melalui sosialisasi itu diharapkan juga dapat diperoleh suatu pemahaman bersama terkait pengawasan partisipatif bagi meningkatkan kualitas penyelenggaraan Pemilu

Sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif yang pesertanya terdiri dari PCNU Pasaman Barat, Fatayat Pasaman Barat, GP Anshor Pasaman Barat, PMII Pasaman Barat, MD KAHMI Pasaman Barat, PC HMI Pasaman Barat dan insan pers.

Adapun narasumbernya adalah akademisi dari STAI YAPTIP Pasaman Barat Yenni., M. AP dan akademisi UNP Padang Dr. Eka Vidya Putra, M. Si. *