Iran tunjuk Amir Ghelanoei sebagai pelatih timnas yang baru gantikan Carlos Queiroz

id timnas iran,iran,amir ghelanoei

Iran tunjuk Amir Ghelanoei sebagai pelatih timnas yang baru gantikan Carlos Queiroz

Arsip - Reaksi pelatih klub Iran Sepahan Amir Ghalenoei, pada pertandingan Grup A Liga Champions Asia melawan klub Arab Saudi Al Hilal yang dimainkan di Stadion Follad Shahr, Isfahan, 4 Mei 2011. (ANTARA/AFP)

Jakarta, (ANTARA) - Federasi Sepak bola Iran menunjuk Amir Ghelanoei sebagai pelatih tim nasional yang baru, menggantikan Carlos Queiroz.

"Berdasarkan tinjauan teknis dan pengalaman dan kesepakatan telah dibuat, Tuan Amir Ghelanoei, pelatih yang berharga dari negara kami terpilih menjadi pelatih kepala tim nasional sepak bola," demikian pernyataan Federasi Sepak bola Iran seperti dikutip dari AFP.

Tidak ada detail kontrak yang diumumkan.

Penunjukan itu terjadi setelah klub yang diarsiteki Ghelanoei saat ini, Gol Gohar, menang 4-0 atas Naft Masjed Soleyman.

Queiroz meninggalkan kursi pelatih Iran setelah gagal membawa negara itu lolos dari fase grup pada Piala Dunia di Qatar tahun lalu.

Ghalenoei sebelumnya sudah pernah menjadi pelatih timnas Iran, yakni pada 2006 sampai 2007. Kontraknya kemudian berakhir setelah timnas Iran disingkirkan Korea Selatan pada perempat final Piala Asia 2007.

Ia merupakan pelatih tersukses sepanjang sejarah liga sepak bola Iran, dengan koleksi lima gelar juara. Pria 59 tahun itu tiga kali membawa klub besar asal Teheran, Esteghlal FC, serta dua gelar juara bersama FC Sepahan.

Ghalenoei yang juga pernah berseragam timnas Iran, mengoleksi satu gol di level internasional. Yakni ketika Iran memainkan pertandingan persahabatan melawan Kuwait pada 1996. (*)