Pj Wako ingin Rendang Payakumbuh jadi merek unggul di pasar global

id Pj Wako Payakumbuh Rida Ananda,rendang Payakumbuh ,merek unggul di pasar global

Pj Wako ingin Rendang Payakumbuh jadi merek unggul di pasar global

Pj Wako Payakumbuh Rida Ananda bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno beberapa waktu lalu. (Antara/HO-Pemkot Payakumbuh)

Payakumbuh, (ANTARA) - Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh, Sumatera Barat Rida Ananda menginginkan agar rendang daerah tersebut dapat menjadi merek unggul di pasar global sehingga berdampak positif kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) rendang.

Rida di Payakumbuh, Selasa mengatakan Pemkot Payakumbuh telah melakukan banyak upaya untuk bisa membawa perekonomian Kota Payakumbuh menjadi lebih baik dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Saat ini Koperasi Sentra Rendang Payo telah melakukan ekspor ke berbagai negara di benua Eropa dan Asia. Dan untuk kedepannya, Koperasi Sentra Rendang Payo ingin menjadi Brand Leader (merek unggul) untuk Rendang dalam pasar global serta menjadi produsen Rendang terbesar Dunia," kata dia.

Ia mengatakan bahwa pihaknya beberapa waktu lalu juga mendapat kesempatan untuk mempresentasikan peluang pemasaran rendang Payakumbuh dihadapan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.

Sebagai Kota yang telah merebranding diri menjadi City of Randang, Payakumbuh terus berupaya agar pemasaran produk rendang bisa lebih meluas dan memberikan dampak positif bagi UMKM di Kota Payakumbuh.

"Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Kemenparekraf RI yang telah memberikan peluang dan dukungannya terhadap Kota Payakumbuh, baik di sektor Pariwisata dan UMKM, terutama pada produk Randang," ujarnya.

Menurutnya utuk mewujudkan itu, Pemkot Payakumbuh tekah melakukan langkah komit mulai dari pencanangan kampung rendang di Kelurahan Sungai Durian.

Selanjutnya pembangunan sentra IKM Rendang di Kelurahan Padang Kaduduak, melengkapi sarana prasarana sentra IKM, dan deklarasi Payakumbuh City Of Randang.

Kemudian, melengkapi standarisasi dan sertifikasi sentra IKM, dan membentuk UPTD serta mengembangkan kerjasama pemasaran, standar ISO 22000, operasional RPH moderen untuk menunjang kualitas bahan baku daging.

"Untuk tahun 2022 ini kami telah melaunching School Of Randang (SOR) dan MoU dengan UNP untuk pembangunan Prodi Kuliner Minang di Payakumbuh, Serta ambil Bagian dalam Program Spice Up The World. Alhamdulillah, telah ada ekspor perdana produk Sentra Rendang, dan Pembangunan Kampus Prodi Kuliner Minang UNP," ujarnya. (*)