Operasi Singgalang 2023, Polres Pasaman Barat bagikan 1000 helm

id operasi singgalang 2023,polres pasaman barat,pembagian helm

Operasi Singgalang 2023, Polres Pasaman Barat bagikan 1000 helm

Kepala Polres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki (tengah) saat menggelar jumpa pers mengenai program bagi helm untuk masyarakat, Rabu. (ANTARA/Altas Maulana)

Simpang Empat (ANTARA) - Kepolisian Resor Pasaman Barat, Sumatera Barat, menyiapkan seribu helm yang akan dibagikan ke masyarakat atau pengendara.

"Ini program kami saat ini karena dari hasil pantauan di lapangan masih banyak pengendara yang tidak pakai helm. Selain itu juga banyak korban kecelakaan meninggal dunia akibat kepalanya terhempas ke jalan," kata Kepala Polres Pasaman Barat AKBP Agung Basuki di Simpang Empat, Rabu.

Ia mengatakan sasaran pembagian 1.000 helm itu untuk kendaraan roda dua di delapan titik yakni di Simpang Empat, Sungai Beremas, Ujung Gading, Paraman Ampalu, Koto Balingka, Jambak, Simpang Tiga dan Kinali.

"Hasil pantauan di lapangan di daerah itu merupakan daerah yang rawan kecelakaan dan banyak pengendara yang tidak pakai helm. Pembagiannya akan kita lakukan 14 hari ke depan saat pelaksanaan Operasi Singgalang 2023," katanya.

Ia mengharapkan melalui program bagi helm itu maka kesadaran pengendara semakin tinggi untuk mematuhi rambu-rambu lalu-lintas dan kelengkapan berkendaraan.

Ia menyebutkan tujuan bagi-bagi helm itu adalah untuk mengedukasi masyarakat agar tertib berlalu lintas baik pengendara maupun penumpang dan untuk mengurangi vatalitas atau ancaman pengendara karena benturan di kepala.

"Ini bentuk kepedulian kami dengan menggandeng Pemkab, perusahaan swasta dan BUMN mau menyumbangkan helm kepada pengendara," ujarnya.

Ia menjelaskan selama Januari 2023 sampai 8 Februari angka kecelakaan sudah mencapai 51 kecelakaan lalu-lintas. Sedangkan selama 2022 angka kecelakaan lalu-lintas mencapai 393 kasus.

"Selain program bagi helm kami juga melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah mengenai tertib berlalu-lintas," katanya.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar selalu meningkatkan kesadaran tertib berlalu-lintas dengan mematuhi rambu-rambu lalu-lintas dan kelengkapan berkendaraan.