Pemprov Sumbar gelar lomba Kebudayaan Tionghoa 2023

id budaya tionghoa,lomba karya jurnalistik budaya tionghoa,dinas kebudayaan sumbar

Pemprov Sumbar gelar lomba Kebudayaan Tionghoa 2023

Lomba Kebudayaan Tionghoa 2023 (ANTARA/Dokumen Pribadi)

Padang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat melalui Dinas Kebudayaan menggelar lomba Kebudayaan Tionghoa 2023 dalam bentuk lomba karya tulis, karya foto dan video untuk umum.

Inisiator Lomba Kebudayaan Tionghoa 2023 Albert Hendra Lukman di Padang, Selasa mengatakan kategori yang dilombakan itu mengangkat tema tentang Kebudayaan Tionghoa di Kota Padang atau Daerah lain di Sumatra Barat.

Ia mengatakan perlombaan ini terbuka untuk umum, jurnalis, citizen jurnalis, pelajar, mahasiswa atau siapa saja boleh ikut karena merupakan ruang bagi anak muda di Sumatra Barat untuk berkarya.

Menurut dia banyak sudut pandang tentang kebudayaan Tionghoa di Sumatera Barat yang diangkat mulai dari tradisi pernikahan, kegiatan adat, Imlek, Festival Cap Go Meh, kuliner khas Tionghoa, sejarah dan banyak lagi yang menarik untuk digali.

"Yang jelas, melalui kegiatan lomba ini kita ingin mengangkat dan mempublikasikan apa saja produk kebudayaan Tionghoa yang hingga kini masih dijalankan,"kata dia.

Ia mengatakan dalam pelaksanaan lomba karya foto, video dan tulis ini, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan Sumatera Barat. Panitia pelaksana dan seluruh teknis pelaksanaan termasuk dengan syarat dan ketentuan, dibuat oleh Dinas Kebudayaan Sumbar.

"Jadi, untuk teknis, syarat dan ketentuan lomba bisa dilihat di platform media sosial Dinas Kebudayaan Sumatra Barat. Untuk total hadiah ada Rp 64.500.000 yang sudah kita siapkan," kata dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Warisan Budaya Dan Bahasa Minangkabau Dinas Kebudayaan Sumbar, Aprimas menyebutkan jika pengambilan materi, penayangan dan pengiriman karya dimulai sejak Januari hingga 2 Maret 2023.

Seluruh karya dilombakan dikirim melalui google from yang linknya bisa didapati di akun-akun media sosial resmi Dinas Kebudayaan Sumbar atau brosur lomba yang sudah disiapkan.

"Sudah, sudah kita buka pendaftarannya. Nanti, teknis yang lebih jelas bisa dilihat di akun media sosial kita. Sudah kita unggah," kata dia.

Menurut dia dengan mengangkat tema tentang Kebudayaan Tionghoa di Kota Padang atau di daerah lain di Sumatera Barat diharapkan seluruh peserta dapat melahirkan karya-karya ciamik yang tentu saja berhubungan dengan kebudayaan Tionghoa.

"Indonesia, memiliki kekayaan budaya yang sangat banyak. Kita ingin, generasi muda melek akan sejarah dan warisan kekayaan budaya yang sungguh banyak. Salah satunya, ya melalui kegiatan lomba ini," kata dia