Padang Panjang pun melirik pelajari aplikasi Sistem Informasi Dasawisma Solok Selatan

id aplikasi simsalabim,tp-pkk solok selatan,dasawisma

Padang Panjang pun melirik pelajari aplikasi Sistem Informasi Dasawisma Solok Selatan

Aplikasi simsalabim yang dikembangkan TP-PKK Solok Selatan. (ANTARA)

Padang Aro , (ANTARA) - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, mempelajari aplikasi Sistem Informasi Dasawisma Langsung, Bermanfaat, Inovatif, dan Mandiri (Simsalabim) yang dikembangkan dan telah dijalankan oleh Pemerintah Kabupaten Solok Selatan.

Ketua TP-PKK Solok Selatan Erniati Khairunas di Padang Aro, Rabu mengatakan aplikasi Simsalabim yang digunakan oleh kader dasawisma tersebut sangat membantu banyak pihak dalam mendapatkan data-data yang dibutuhkan, karena rekapitulasi data tinggal diambil dari aplikasi dengan cepatnya.

Saat ini, tambahnya aplikasi tersebut terus diperbaiki dan disempurnakan. "Aplikasi Simsalabim saat ini sedang diupgrade ke mobile android/IOS untuk versi 3.0. Dan pengembangan aplikasi ini ditargetkan tahun 2023 ini tuntas," katanya.

Karena aplikasi tersebut dinilai memudahkan pencatatan dan pencarian informasi karena telah tercatat secara digital, katanya TP-PKK Kota Padang Panjang tertarik mempelajarinya.

"Kemarin rombongan dari Pemkot Padang Panjang yang dipimpin Sekretaris TP-PKK Aisyah mengunjungi kita untuk sharing informasi dan ingin mempelajari aplikasi Simsalabim ini," katanya.

Sementara Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Solok Selatan, Firdaus Firman, mengatakan bahwa semenjak diluncurkan pada Januari 2022, aplikasi Simsalabim terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan.

Saat ini, aplikasi sudah langsung digunakan oleh kader dasawiswa pada tingkat Jorong, yang tersebar pada 2.700 lebih kelompok dasawiswa.

Pada aplikasi terdapat 18 data mulai dari data Kepala Keluarga, rumah, warga, BPJS, Bansos, pendidikan, kelahiran, kematian, lansia, data pasangan usia subur (pus), data wanita usia subur (wus), data posyandu, data kegiatan warga, data pendidikan, data pangan, data sandang, dan data lainnya yang terus diperbaharui.

Dan yang tak kalah pentingnya, katanya adalah perlunya komitmen yang kuat dari pimpinan daerah dan jajaran TP-PKK dalam menjalankan aplikasi tersebut.

"Alhamdulillah, pimpinan dan jajaran TP-PKK di Solok Selatan punya komitmen untuk mendorong jalannya aplikasi Simsalabim ini, sehingga berjalan efektif seperti saat ini," katanya.