Disnaker Pasaman Barat bakal gelar delapan paket pelatihan di BLK, Ayo siapa yang minat?

id pelatihan tenaga kerja,dinas tenaga kerja pasaman barat,blk pasaman barat

Disnaker Pasaman Barat bakal gelar delapan paket pelatihan di BLK, Ayo siapa yang minat?

Kepala Dinas Tenaga Kerja Pasaman Barat Armen. (ANTARA/Altas Maulana)

Simpang Empat (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, pada ini akan mengadakan delapan paket pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) untuk meningkatkan kemampuan para pencari kerja setempat yang akan di mulai pada Maret mendatang.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Pasaman Barat Armen di Simpang Empat, Selasa, mengatakan delapan paket pelatihan tersebut terdiri dari pelatihan perbengkelan, pelatihan Teknik Informatika Komputer (TIK), dan pelatihan kelistrikan.

Pelatihan tersebut akan dimulai pada Maret tahun ini. Pelatihan perbengkelan sebanyak dua paket, pelatihan kelistrikan sebanyak tiga paket dan pelatihan TIK sebanyak tiga paket.

"Bagi masyarakat yang ingin tertarik dan siap bekerja silahkan bergabung dan mendaftar melalui aplikasi Disnaker Siap Kerja," katanya.

Ia mengatakan pelatihan yang diberikan tersebut bertujuan agar pencari kerja di daerah itu untuk membuka lapangan kerja dan meningkatkan ekonomi.

Dengan demikian bagi yang berminat membuka lapangan pekerjaan keterampilan sudah dimiliki.

"Sedangkan yang ingin mencari kerja, kita telah bekerja dengan beberapa usaha yang telah kita latih tersebut, seperti perbengkelan. Setelah berlatih mereka siap bekerja," katanya.

Ia berharap dengan adanya delapan paket pelatihan yang dua paket dari APBD dan sebanyak enam paket dari APBN bisa menambah kemampuan pencari kerja di Pasaman Barat ini. Karena keterampilan sangat dibutuhkan bagi pencari kerja yang siap bekerja saat ini.

"Kita mendatangkan instruktur dari BLK Padang tentunya dengan materi yang sudah disesuaikan dengan pelatihan yang sudah ditentukan pula," katanya.

Sedangkan untuk tahun 2022 lalu, Dinas Tenaga Kerja setempat melalui BLK sudah melakukan pelatihan kelistrikan dan perbengkelan. Masing-masing pelatihan diikuti sebanyak 16 orang.

"Ada yang sudah langsung bekerja setelah melakukan pelatihan itu. Untuk pelatihan kelistrikan sebanyak enam orang sudah bekerja dari 16 orang yang ikut pelatihan. Sedangkan pelatihan perbengkelan baru satu orang yang bekerja dari 16 orang yang dilatih. Disnaker berupaya menyalurkan pelatihan," sebutnya.