Bawaslu Agam manfaat Festival Alek Nagari sosialisasi pengawasan Pemilu

id Bawaslu Agam,Berita agam,Berita sumbar

Bawaslu Agam manfaat Festival Alek Nagari sosialisasi pengawasan Pemilu

Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Agam, Okta Muhlia sedang di Festival Alek Nagari Koto Laweh. Dok Bawaslu Agam

Lubukbasung (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Agam, Sumatera Barat memanfaatkan momen Festival Alek Nagari Koto Laweh untuk menyosialisasikan pengawasan Pemilu partisipatif guna meningkatkan antusias generasi muda dan masyarakat adat dalam menyukseskan Pemilu 2024.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada panitia yang menyediakan waktu bagi Bawaslu Agam memberikan sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif," kata Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Agam, Okta Muhlia di Lubukbasung, Senin.

Ia mengatakan, Festival Alek Nagari Canduang Koto Laweh yang digelar di Komplek Perkantoran Walinagari Canduang Koto Laweh, Minggu (8/1), dihadiri oleh Bupati Agam, Camat Candung, Wali Nagari Candung Koto Laweh, Bamus Nagari Canduang Koto Laweh, KAN Nagari Canduang Koto Laweh, niniak mamak, alim ulama dan lainnya.

Sosialisasi itu upaya dalam meningkatkan antusias generasi muda dan masyarakat adat dalam menyukseskan Pemilu 2024.

“Semua pihak terlibat untuk menyukseskan pesta demokrasi itu," katanya.

Ia menambahkan, Bawaslu sebagai lembaga pengawas Pemilu, memiliki tugas untuk melakukan pengembangan pengawasan partisipatif yang melibatkan masyarakat dalam melakukan pengawasan menuju Pemilu yang demokratis.

Dengan terlibatnya semua elemen masyarakat sesuai dengan perannya masing-masing, diharapkan tidak hanya meningkatkan partisipasi Pemilih, tetapi angka pelanggaran Pemilu dapat ditekan.

Selain itu pesta rakyat yang demokratis dapat diwujudkan pada Pemilu 2024 nantinya.

Bawaslu Agam terus membangun komunikasi dan koordinasi dengan semua pihak. Dengan kolaborasi akan mewujudkan Pemilu yang demokratis.

"Sebelumnya kita telah mengadakan sosialisasi ke kader Posyandu, kelompok lainnya," katanya.