Legenda Brazil Pele meninggal, IOC: Dunia kehilangan ikon olahraga

id pele,sepak bola,olimpiade

Legenda Brazil Pele meninggal, IOC: Dunia kehilangan ikon olahraga

Dua legenda sepak bola Diego Maradona (kiri) dan Pele berpelukan selepas tampil dalam pertandingan eksibisi di Paris, Prancis, dalam rangkaian EURO 2016 pada 9 Juni 2016. ANTARA/AFP/Patrick Kovarik/aa.

Jakarta, (ANTARA) - Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengatakan dunia telah kehilangan ikon olahraganya yang hebat dan sepak bola telah kehilangan rajanya setelah legenda Brazil Pele meninggal dunia pada Kamis dalam usia 82 tahun.

Pele dinobatkan sebagai atlet abad ini oleh IOC pada 1999 dan dihormati dengan Olympic Order, penghargaan tertinggi Gerakan Olimpiade, pada 2016.

"Dengan mangkatnya Pele, dunia telah kehilangan ikon olahraga yang hebat," kata presiden IOC Thomas Bach di Twitter seperti dikutip AFP.

"Seperti yang bisa saya rasakan sendiri, dia adalah orang yang benar-benar percaya kepada nilai-nilai Olimpiade dan pembawa api Olimpiade yang bangga. Merupakan suatu kehormatan untuk mempersembahkan Olimpic Order kepadanya."

Ikuti Survei Kesadaran Merek ANTARA: Klik Disini

Komite Olimpiade Nasional memilihnya sebagai atlet abad ini pada 1999.

"Sepak bola telah kehilangan rajanya," kata IOC dalam pernyataan penghormatannya.

"Pele, pesepakbola serba bisa dengan bakat khusus, memenangkan penggemar di semua benua di dunia. Dia memainkan peran penting dalam kebangkitan sepak bola ke posisi olahraga paling populer di planet ini."

Pele tidak pernah bermain dalam Olimpiade tetapi dia ikut serta dalam estafet obor Olimpiade Rio 2016. (*)

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: IOC: dunia kehilangan ikon olahraganya dengan kepergian Pele