Padang luncurkan Trans Padang koridor VI Unand-Pusat Kota

id Trans Padang koridor VI Unand,Pemko padang,Berita padang,Berita sumbar

Padang luncurkan Trans Padang koridor VI Unand-Pusat Kota

Peluncuran bus Trans Padang Koridor VI rute Unand Limau Manis-Pusat Kota di Padang, Senin. (Antara/Ikhwan Wahyudi)

Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat secara resmi meluncurkan trayek angkutan umum bus Trans Padang koridor IV dengan rute Kampus Universitas Andalas (Unand) Limau Manis-Pusat Kota.

"Ini merupakan salah satu program unggulan kami dalam rangka menyediakan transportasi umum yang nyaman serta menurunkan kemacetan," kata Wali Kota Padang Hendri Septa di Padang, Senin.

Menurut dia dengan adanya koridor VI akan dapat melayani mahasiswa Unand sehingga lebih bisa mendapatkan transportasi yang nyaman serta murah.

Hendri menyampaikan pihaknya akan membuka dua koridor lagi melayani rute Pusat Kota-Bungus Teluk Kabung dan Pusat Kota -Air Pacah.

Ia berharap dengan hadirnya koridor VI kesadaran masyarakat menggunakan transportasi publik semakin meningkat karena bus yang disediakan aman dan nyaman.

"Selain itu juga bisa menekan kemacetan pada jam tertentu karena dengan menggunakan transportasi umum jumlah kendaraan pribadi bisa dikurangi," kata dia.

Sementara Direktur Perumda Padang Sejahtera Mandiri, Rico Rahmadian Albert menyampaikan koridor VI akan melewati 67 halte mulai dari pusat kota hingga kampus Unand Limau Manis.

Ia menyampaikan untuk ongkos menggunakan sistem pembayaran nontunai berupa uang elektronik sekali jalan Rp3.500 bagi masyarakat umum dan pelajar Rp1.500.

Rico menyebutkan hingga saat ini Pemkot Padang memberikan subsidi senilai Rp24 miliar untuk Trans Padang dan pihaknya bisa melakukan efisiensi sehingga yang terpakai hanya Rp17 miliar.

"Saat ini setiap bulan pendapatan Trans Padang rata-rata sudah mencapai Rp700 juta dari lima koridor yang ada," kata dia.

Armada Trans Padang yang disediakan dilengkapi dengan kamera pengawas serta alat pemantau yang bisa mendeteksi jika sopir mengemudi ugal-ugalan sehingga bisa dilakukan pengawasan langsung.

Trans Padang saat ini melayani enam koridor yaitu koridor I Lubuk Buaya-Pasar Raya, koridor IV Teluk Bayur Anak Air, Koridor V Indarung-Pasar Raya dan Koridor VI Unand Limau Manis-Pusat Kota.

Sementara untuk koridor II Bungus-Pasar Raya dan Koridor III Air Pacah-Pasar Raya belum beroperasi.

Pada kesempatan itu Perumda Padang Sejahtera Mandiri juga meluncurkan aplikasi trans Padang yang bisa digunakan penumpang untuk mengecek posisi bus hingga melakukan pembayaran.

Sementara Wakil Rektor IV Unand Hefrizal Handra menyambut baik dibukanya koridor VI Trans Padang.

"Ini yang kami tunggu dan merupakan kebahagiaan karena civitas akademika bisa menikmati pelayanan transportasi publik yang nyaman," kata dia.