Talis untuk Mentawai, inovasi PLN terangi negeri hingga pelosok pulau

id PLN, Tabung Listrik, Sipora Mentawai, program listrik gratis

Talis untuk Mentawai, inovasi PLN terangi negeri hingga pelosok pulau

GM PLN UID Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho menyerahkan secara simbolis bantuan dengan total nilai sebesar Rp245.798.000 kepada Chandra Dewi, Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Mentawai.  (ANTARA/HO-PLN)

Padang (ANTARA) - Perjuangan tim PLN untuk melistriki seluruh masyarakat Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat masih terus berlanjut. Meskipun sehari sebelumnya curah hujan tinggi tetapi tidak menyurutkan semangat General Manager PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Barat Eric Rossi Priyo Nugroho untuk melanjutkan perjalanan bersama tim di Sipora, Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Setelah melakukan peresmian listrik gratis untuk 187 masyarakat tersebar di Mentawai, agenda berlanjut pada penyerahan bantuan Pembuatan DC House, Tabung Listrik (Talis), dan Stasiun Pengisian Energi Listrik (SPEL) kepada Masyarakat Desa Bojokan Kecamatan Siberut Utara pada 5 Desember 2022.

Dengan disaksikan oleh Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, Jajaran Manajemen PLN UID Sumbar, PJ Bupati Kepulauan Mentawai Martinus Dahlan, Kepala Dinas ESDM Provinsi Sumbar Herry Martinus, Manager PLN UP3 Padang Yusuf Hadianto dan Forkopimda Kabupaten Kepulauan Mentawai, Eric Rossi menyerahkan secara simbolis bantuan dengan total nilai sebesar Rp245.798.000 kepada Chandra Dewi, Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Mentawai.

“Kehadiran tabungan listrik (talis) untuk masyarakat Dusun Bojakan ini kami harapkan dapat membantu perekonomian masyarakat setempat. Dalam konsep talis, energi listrik dapat disimpan dalam sebuah media penyimpan energi untuk selanjutnya digunakan dalam mengoperasikan peralatan elektronik. Sehingga kebutuhan listrik dari yang awalnya bergantung ke sistem pembangkit yang berada jauh dari dusun kini sudah beralih ke talis. Bahagia rasanya dapat berbincang langsung sekaligus melihat kebahagiaan yang terpancar di wajah warga dusun dengan hadirnya talis ini,” ucap Eric.

Menurut Eric dalam melakukan pengisian ulang, TaLis dapat diisi di Stasiun Pengisian Energi Listrik (SPEL) yang juga sudah dihadirkan oleh PLN. Menurutnya, pengisian ulang dapat dilakukan dalam waktu yang relatif singkat dan 1 unit TaLis dapat menyuplai satu kebutuhan rumah di pedesaan.

Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy yang menyaksikan kegiatan penyerahan mengungkapkan apresiasi terhadap respon cepat PLN dalam memenuhi kebutuhan listrik masyarakat daerah 3T.

“Pemprov Sumbar menyambut baik hadirnya TaLis di Mentawai. Ini merupakan langkah tepat agar masyarakat Mentawai dapat menikmati sarana penerangan listrik seperti daerah lain di Indonesia. Ke depan kami berharap semua daerah di Sumbar 100% berlistrik,” katanya.

Apresiasi senada diungkapkan Kepala Dinas ESDM Provinsi Sumbar Herry Martinus yang menyambut baik kehadiran Talis di Dusun Bojakan.

“Kami mengapresiasi PLN yang terus memikirkan langkah strategis melistriki daerah 3T sekaligus menyempatkan hadir dan memantau kondisi kelistrikan di Mentawai. Mudah-mudahan bermanfaat bagi seluruh masyarakat setempat,” ujarnya.

Agustinus, salah seorang penerima manfaat TaLis mengungkapkan haru dan terima kasih kepada PLN.

“Terima kasih menghadirkan listrik di desa kami melalui TaLis. Listrik baru masuk ke desa kami dan sangat terasa sekali manfaatnya. Mudah-mudahan dalam waktu dekat semua keluarga disini sudah berlistrik,” ungkapnya.

PLN terus berupaya meningkatkan layanan dan mencari solusi agar jaringan listrik bisa menjangkau seluruh negeri. Program Listrik Gratis dan Tabungan Listrik merupakan dua dari banyak program yang dihadirkan PLN untuk memberikan kehidupan yang lebih baik pada masyarakat melalui listrik.
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2023