RUSD Dr. M Zein sediakan pelayanan klinik khusus TB

id RSUD M Zein, KLINIK TB,PMO

RUSD Dr. M Zein sediakan pelayanan klinik khusus TB

Paramedis RSUD Dr.M Zein Painan terlihat sedang melayani pasien. (ANTARA/HO)

Painan (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr.Muhammad Zein Painan, Kabupaten Pesisir Selatan melalui telah menyediakan pelayanan khusus klinik Tuberkulosis Directly Observed Treatment Short Course (TB DOTS).

Penyediaan Klinik TB DOTS itu didukung dengan tim RSUD Dr.Muhammad Zein Painan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan, kata Direktur RSUD Dr.Muhammad Zein Painan, dr.Harefa, seperti dirilis situs resmi Pemkab Pesisir Selatan, Senin.

"Sudah ada dua dokter spesialis Paru, yaitu dr.Handra Harun Sp.P dan dr Ricky Awal Sp.P yang kini telah melayani pengobatan pasien dengan kasus TB DOTS," sebutnya.

Jadi, dengan alur dan prosedur yang sudah ditetapkan serta sarana dan prasarana penunjang yang telah ada diharapkan dapat menurunkan angka kejadian TB di masyarakat.

Sebab, penyakit TB telah menjadi masalah kesehatan sampai sekarang, WHO menyatakan bahwa kunci keberhasilan penanggulangan Tuberkulosis adalah menerapkan strategi DOTS.

Indikator keberhasilan strategi DOTS dalam program pemberantasan TB, kata dia, dapat dilihat melalui Tingkat Deteksi kasus (CDR) dan keberhasilan pengobatan (SR), dan DOTS adalah pengawasan langsung pengobatan jangka pendek.

Setiap pasien yang diobati TB, haruslah didampingi oleh seorang Pengawas Menelan Obat (PMO). Hal ini dilakukan guna memastikan keteraturan pasien dalam berobat.

Strategi ini, menurut dia, akan memutuskan penularan TB yang sendirinya akan menurunkan angka kejadian TB di masyarakat.*