Percepat vaksinasi PMK, BPTU-HPT Padang Mengatas kirim tim ke daerah-daerah di Sumbar

id BPTU-HPT Padang Mengatas,vaksin PMK limapuluhkota,Berita Limapuluh Kota,Berita sumbar

Percepat vaksinasi PMK, BPTU-HPT Padang Mengatas kirim tim ke daerah-daerah di Sumbar

Ternak dari masyarakat sedang diberikan vaksin oleh petugas dari BPTU-HPT Fatri Abdi di kawasan Lareh Sago Halaban Kabupaten Limapuluh Kota. (Antara/Akmal Saputra)

Payakumbuh (ANTARA) - Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Padang Mengatas, Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat mengirim tim ke daerah-daerah yang ada di provinsi tersebut untuk menyukseskan pelaksanaan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan Lumpy Skin Disease (LSD) untuk ternak.

"Beberapa waktu terakhir dan termasuk hari ini tim kita turun membantu dinas di daerah yang ada di Sumatera Barat untuk pelaksanaan vaksinasi PMK, vaksinasi LSD dan penandaan ternak," kata Kepala BPTU-HPT Padang Mengatas Dani Kusworo di kantornya, Senin.

Ia mengatakan penandaan ternak dengan memberikan eartech yang memiliki kode batang (barcode) tersebut untuk penanda bahwa ternak tersebut telah diberikan vaksinasi PMK dan LSD.

"Tidak hanya untuk penanda bahwa ternak sudah divaksin, namun nantinya ini juga sebagai pendataan populasi sapi. Sehingga nantinya kita memiliki data yang jelas terkait populasi sapi di Indonesia," ujarnya didampingi Sub Koordinator Pelayanan Teknis BPTU-HPT Padang Mengatas Drh. Darwis dan Staf Yudi Prima.

Ia mengatakan dikirimnya tim ke Kabupaten/Kota tersebut merupakan bentuk pelayanan dan upaya menyukseskan program vaksinasi PMK.

"Sebagai UPT di bawah Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, kita harus turut serta untuk menyukseskan program dari pemerintah. Beberapa daerah yang tim kita sudah turun itu seperti di Pasaman Barat, Solok Selatan," katanya.

Bahkan, kata dia, tim BPTU-HPT tidak hanya membantu daerah di Sumatera Barat namun juga telah mengirim tim ke Provinsi Riau dan Provinsi Jambi.

Dia menilai saat ini kesadaran masyarakat untuk diberikan vaksin PMK sapinya cukup baik. Selain dari dinas di kabupaten yang melakukan sosialisasi, pihaknya juga melakukan sosialisasi dalam bentuk KIE.

Sementara untuk di UPT BPTU-HPT Padang Mengatas seluruh ternak sudah dilakukan vaksinasi LSD dan PMK. Untuk vaksin PMK sudah dilaksanakan dua kali, pada Juni-Juli 2022 dan September 2022.

"Nanti di Januari akan dilakukan penyuntikan yang ketiga atau booster. Alhamdulillah sebelum dan sesudah pemberian vaksin kita di balai bebas dari PMK. Jadi tidak ada sapi kita yang terkena penyakit PMK," ujarnya.

Sementara itu salah seorang tim vaksinasi PMK, LSD dan penandaan ternak dari BPTU-HPT Fatri Abdi mengatakan selama turun ke lapangan belum ada kendala yang berarti meskipun masih ada beberapa masyarakat atau peternak yang cemas.

"Seperti yang disampaikan kepala BPTU-HPT, ketika memang ada masyarakat yang cemas tentu kita akan memberikan sosialisasi dan edukasi terkait vaksinasi PMK dan LSD ini," kata dia.

Pewarta :
Editor: Maswandi
COPYRIGHT © ANTARA 2022