Pohon tumbang di kelok 42, Lalu lintas Bukittinggi-Maninjau lumpuh

id kelok 44,pohon tumbang,bpbd agam

Pohon tumbang di kelok 42,  Lalu lintas Bukittinggi-Maninjau lumpuh

Petugas BPBD Agam sedang melakukan evakuasi di Kelok 44 Maninjau, Agam. (Antara/Alfatah)

Bukittinggi  (ANTARA) - Jalan lintas Bukittinggi menuju Maninjau, Kabupaten Agam, Sumatera Barat lumpuh setelah adanya kejadian pohon tumbang di kawasan Kelok 44 Tanjung Raya tepatnya di tikungan ke-42, Rabu.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Bambang Warsito saat dikonfirmasi dari Bukittinggi, Rabu mengatakan pihaknya saat ini sedang melakukan evakuasi.

"Pohon tumbang diketahui siang ini sekitar pukul 11.25 WIB, satu pohon besar tumbang di Kelok 42, Jorong Kuok III Koto Nagari Matua Mudiak Kecamatan Matur hingga melumpuhkan akses jalan," kata dia.

Tidak ada korban jiwa dari kejadian ini, namun jalur transportasi dari Kota Bukittinggi dengan tujuan Pasaman Barat, Lubuk Basung dan Tiku sekitarnya menjadi terhambat.

"Pohon ini tumbang karena curah hujan tinggi yang sampai saat ini masih terjadi, tim sedang melakukan evakuasi dengan cara memotong pohon dan membersihkan jalan," ujarnya.

Kelok 44 adalah puluhan tikungan yang berada di daerah perbukitan di atas Danau Maninjau yang dilingkari jalan yang berkelok di lerengnya.

Jalur ini menjadi penghubung banyak daerah antaranya, Bukittinggi, Maninjau, Lubuk Basung, Tiku hingga Pasaman Barat dan Pariaman.